29 C
Sidoarjo
Saturday, October 5, 2024
spot_img

Festival Pasar Rakyat Kota Kediri dapat Dukungan Penuh Adira Finance

Kota Kediri, Bhirawa.
Setelah sukses di Pasar Rangkasbitung, Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 kini hadir di pasar kedua yaitu Pasar Pahing, Kota Kediri pada 5-6 Oktober 2024. Pasar Pahing dipilih menjadi lokasi FPR karena merupakan pasar legendaris tertua di Kota Kediri dan bagi masyarakat Kediri,

Wahyu Kusuma, Kepala Disperdagin Kota Kediri saat kegiatan penyuluhan di Pasar Pahing menyatakan agar semua pasar di Kota Kediri dapat menerapkan program pasar sehat supaya para konsumen, baik yang berasal dari dalam maupun luar kota merasa aman berbelanja di pasar-pasar di Kota Kediri. Beliau juga berpesan kepada pedagang dan konsumen bahwa keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama, yaitu produsen, konsumen, dan pemerintah.

Mendukung hal tersebut, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), sebagai induk perusahaan, bekerjasama melalui Unit Usaha Syariah dan bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024,

Rangkaian kegiatan pemberdayaan, edukasi, kesehatan, kesenian dan budaya untuk mendorong pasar menjadi ruang publik yang kreatif menuju Pasar Rakyat yang halal dan SEJAHTERA (Sehat-Hijau-Bersih-Terawat), melalui gerakan #SahabatPasarRakyat, sebuah inisiatif untuk mengajak masyarakat kembali ke pasar rakyat, menjadikannya sebagai pusat kegiatan sosial dan ekonomi yang lebih berdaya saing.

“Kami mendukung penuh strategi pemerintah daerah untuk memperkuat Pasar Pahing Kediri melalui penyelenggaraan FPR 2024. Inisiatif ini sejalan dengan visi perusahaan yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui berbagai program yang mendukung pemberdayaan pedagang dan revitalisasi pasar, kami yakin pasar rakyat akan tetap menjadi bagian penting dalam pembangunan ekonomi lokal sekaligus pelestarian budaya” ujar Agus Hartanto, Head of Regional SSD Jawa Timur Adira Finance.

Berita Terkait :  Adil, Transparan dan Beradab jadi Pondasi Membangun Demokrasi

Merci Santi Adriani selaku Syariah Funding Business Head, Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon Syariah) mengatakan “Danamon melalui Unit Usaha Syariah mendukung penuh program Festival Pasar Rakyat (FPR) yang diadakan oleh Adira Finance sebagai bagian dari anggota Grup Danamon. Pada kegiatan FPR ini, Danamon Syariah mengambil peran untuk memberikan edukasi dan literasi terkait Haji kepada para pedagang di pasar. Tidak hanya edukasi, kami juga memperkenalkan beberapa produk tabungan bagi para pedagang yang ingin mempersiapkan Haji dengan Tabungan Rencana Haji iB yang bertujuan untuk mempermudah para pedagang pasar agar dapat melakukan perencanaan keuangan untuk dapat mewujudkan impian dan kewajiban beribadah ke Tanah Suci serta Tabungan Wadiah yang dapat membantu mempermudah transaksi sehari-hari.”

Zurich Syariah juga turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan FPR 2024. Direktur Sales and Distribution, Auralusia Rimadiana, PT Zurich General Takaful Indonesia, mengungkapkan, “Zurich Syariah menyambut kolaborasi ini untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat serta meningkatkan inklusi serta literasi asuransi di Indonesia yang menargetkan pedagang serta masyarakat di sekitar pasar tradisional.”
Menjawab tantangan mengenai digitalisasi,

Sementara itu, Yusron, Head of Syariah Adira Finance mengatakan melalui program sertifikasi halal di Pasar Pahing, pihaknya berkomitmen untuk membantu para pedagang meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperkuat daya saing produk mereka. Inisiatif ini adalah bagian dari upaya kami dalam FPR 2024 untuk mendorong pasar tradisional agar dapat terus berkembang dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Berita Terkait :  Pimpin Sertijab Kasat Lantas, Kapolresta Probolinggo Sampaikan Apresiasi

Gandhy Inderayana, Head of Brand & Corporate Communication Adira Finance sebagai dukungan konkret, FPR memberikan mesin pencacah sampah yang akan membantu proses pengelolaan limbah pasar. Mesin ini memungkinkan pengolahan sampah organik dan anorganik secara lebih efektif, sehingga mengurangi volume sampah dan mendorong upaya daur ulang. Tempat sampah pilah dan gerobak sampah juga diberikan untuk mendukung peningkatan kebersihan lingkungan pasar.

“Sebagai bagian dari komitmen untuk menciptakan pasar yang lebih nyaman, kami melakukan revitalisasi fasilitas umum, termasuk mushola dan toilet. Selain itu, donasi 50 pohon juga diberikan untuk mendukung penghijauan dan meningkatkan kualitas lingkungan pasar. Langkah revitalisasi ini juga mendukung strategi Pemerintah Daerah dalam menjaga keberlanjutan pasar sebagai pusat ekonomi rakyat,” ujar Gandhy Inderayana, Head of Brand & Corporate Communication Adira Finance.

Dalam rangka mempercantik dan menghidupkan kembali suasana di Pasar Pahing, FPR menghadirkan spot mural sebagai salah satu daya tarik baru. Mural yang dipajang tidak hanya berfungsi sebagai penghias, tetapi juga membawa pesan sosial dan budaya yang erat kaitannya dengan kehidupan pasar. Masyarakat bisa turut mempromosikan Pasar Pahing sebagai destinasi yang menarik dengan mengikuti Kompetisi Foto Mural Festival Pasar Rakyat. Info selengkapnya cek adira.id/e/fpr24-kompetisifoto.

Untuk mendorong partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk pengunjung, pedagang, dan ekosistem Pasar Pahing, FPR menyajikan serangkaian kegiatan unggulan yang berfungsi sebagai platform untuk menghubungkan semua pihak dalam suasana meriah dan interaktif, diantaranya :

Berita Terkait :  Mahasiwa Unair Gelar BBK di Kabupaten Lamongan

Pameran Inklusi Keuangan Syariah, untuk meningkatkan pemahaman dan akses masyarakat terhadap produk serta layanan keuangan syariah.

Berbagai penawaran menarik dihadirkan oleh Adira Finance. Untuk pengunjung yang mengajukan kredit motor akan mendapatkan penawaran potongan angsuran 100 ribu dan potongan cicilan 3x untuk merek tertentu. Untuk kredit e-bike (sepeda listrik), tersedia penawaran potongan tenor 1x untuk merek Viar. Untuk pengajuan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB kendaraan akan mendapatkan cashback Rp300 ribu.

Untuk konsumen yang mengajukan pembiayaan umroh akan mendapatkan cashback uang saku senilai Rp 1 juta dan tambahan Rp100 ribu adirapoin. (Van.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img