28 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Tingkatkan Minat Baca dan Literasi, Diperpusip Bersama Gramedia Gelar Pameran Buku



Situbondo, Bhirawa
Untuk meningkatkan minat baca masyarakat serta untuk mensukseskan program literasi di Kota Santri Pancasila Situbondo, jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diperpusip) Kabupaten Situbondo bersama Gramedia Jember mengadakan kegiatan pameran buku selama dua pekan kedepan. Kegiatan tahunan tersebut dipusatkan di halaman kantor Diperpusip Kabupaten Situbondo.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wabup Nyai Hj Khoirani mewakili Bupati Karna Suswandi. Selain itu juga hadir sejumlah pimpinan OPD, Camat serta para Kepala Sekolah dan pengelola perpustakaan digital, perpustakaan keliling, perpustakaan desa dan pengelola Taman Bacaan masyarakat. Termasuk Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Imam Suhaidi bersama Kabid Perpustakaan pada Kantor Diperpusip Kabupaten Situbondo, Imas Susilo Wicaksono bersama staf, tampil terdepan memberikan pelayanan prima kepada peserta undangan.

Wakil Bupati Situbondo Nyai Hj Khoirani dalam sambutannya mengatakan, saat ini bahan belajar untuk siswa sudah sangat beragam. Artinya tidak hanya belajar dengan tatap muka atau offline semata, melainkan juga bisa belajar dengan cara digital atau online. “Ya kini dunia pendidikan sudah tumbuh pesat. Salah satunya melalui sarana pameran buku ini,” tutur mantan anggota DPRD Kabupaten Situbondo itu.

Masih kata Nyai Khoirani, sarana belajar sistem digital kini juga mudah diakses oleh setiap masyarakat Situbondo. Namun banyaknya pilihan sarana belajar tersebut, ulas Nyai Khoirani, menuntut setiap elemen masyarakat untuk pandai memilih bahan belajar yang tepat. “Ya kita jangan sampai terjebak, dengan belajar yang bersifat hoax. Itu karena kita harus tahu mana yang benar atau hoax,” tandas Nyai Hj Khoirani.

Berita Terkait :  Pj Wali Kota Madiun Apresiasi Krativitas Siswa Beri Pesan Guru-Orang Tua

Wanita yang kini juga menjabat Ketua Muslimat NU Cabang Situbondo itu melanjutkan, saat ini yang berada dalam situasi pilkada yang rentan panas dan luar biasa sekali menuntut semua pihak untuk menghindari informasi yang hoax. Namun khusus Kabupaten Situbondo, aku Nyai Khoirani, ia berharap pilkada bisa berjalan dengan aman, damai serta kondusif. “Untuk itu kita bersama sama berupaya terus meningkatkan literasi ini, yang notabene merupakan salah satu tujuan dan cita cita kemerdekaan RI,” ungkap Nyai Khoirani.

Wanita asli Besuki itu kembali memaparkan, kegiatan ini juga sangat sesuai dan seirama dengan Pembukaan UUD 1945 yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu contoh, beber dia, siswa SD Kecamatan Arjasa mampu menunjukkan cerita di tengah acara kegiatan pameran buku dengan penampilan luar biasa. “Anak SD tadi tampil bercerita sangat luar biasa dan menguasai bahan ceritanya. Katanya bercita cita ingin menjadi dokter. Semoga tercapai. Belajar terus yang rajin ya,” pungkas Nyai Khoirani.

Sementara itu PLT Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo Imam Suhaidi menimpali, maksud dan tujuan kegiatan pameran buku untuk meningkatkan minat baca masyarakat Situbondo semakin bergairah. Selain itu, tandas Imam, kegiatan ini untuk memakmurkan program literasi ditengah masyarakat Situbondo. “Agar kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, kami sengaja menjalin kerjasama dengan pihak Gramedia Jember serta kalangan perbankan,” ulas pria yang kini menjabat Kabag Perekonomian Pembangunan dan SDA Setdakab Situbondo itu. [awi]

Berita Terkait :  Motivasi Pelajar, Kapolsek Jetis Jadi Irup di SMKN 1 Jetis Mojokerto

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img