30.2 C
Sidoarjo
Monday, October 7, 2024
spot_img

Disporapar Beri Penghargaan Tiga Atlet Disabilitas Sidoarjo Berprestasi


Sidoarjo, Bhirawa
Meski menyandang Disabilitas tetapi mampu berprestasi, mengharumkan nama Indonesia dan Kabupaten Sidoarjo di bidang olah raga. Tidak salah Pemkab Sidoarjo memberi mereka penghargaan. Kamis (19/9) akhir pekan lalu, di Pendopo Delta Wibawa, mereka menerima penghargaan lewat Disporapar Kabupaten Sidoarjo.

Diantaranya, Ken Swagemilang. Atlet Sidoarjo yang telah berprestasi pada lomba Asian Paragame di Ghongzu, Cina, tahun 2023 lalu. Dirinya memperoleh medali emas pada kelompok individu.

Ubaidilah Amsyar, atlet disabilitas Sidoarjo yang berprestasi saat kegiatan Peparnas X tahun 2023 lalu. Pada Cabor renang gaya kupu kupu ia mendapatkan medali perak, pada nomor gaya dada mendapat medali perak dan pada nomor bebas mendapat medali perunggu. Sedangkan, Farah Divina Azaroh, atlet disablitas yang berprestasi saat Peparprov 2024, mendapatkan medali emas pada Cabor lari 100 meter.

“Dua orang pelarih atlet disablitas juga mendapat apreaiasi, karena mereka ikut mengantarkan atletnya juara,” kata Kepala Disporapar Kabupaten Sidoarjo, Yudi Iriyanto SSos MSi, ketika penyerahan penghargaan.

Mereka adalah, Hendri Kurniawan, pelatih renang Peparnas X tahun 2023 di Palembang. Dan, Teguh Santoso, pelatih Peparprov 2024.

Untuk peraih medali perak di Asian Paragame, Ken Zwagemilang, Pemkab memberi reward sebesar Rp40 juta. Sedangkan peraih medali perak dan perunggu di peparpenas, Ubaidilah Amsyar, masing-masing – masing mendapatkan uang senilai Rp20 juta, ditambah Rp10 juta. Sedangkan peraih dua medali emas Peparprov, Farah Divina Azaroh mendapat reward sebesar Rp5 juta.

Berita Terkait :  Pj Wali Kota Mojokerto Lepas 18 Atlet Percasi Bertanding di Kejurprov

“Kami terharu dan bangga dengan preatasi para atlet ini. Meski mereka tidak mempunyai anggota tubuh yang sempurna tapi mereka bisa berprestasi hingga tingkat dunia,” kata Yudi.

Ketua Nasional Paralimpic Comitte Indonesia (NPCI) Sidoarjo, Teguh Santoso, mengaku sangat bersyukur atas apresiasi Pemkab terhadap. Reward ini juga bisa memacu pembinaan para atlet penyandang cacat di Sidoarjo.

“Alhamdulillah, para atlet ikut senang apresiasi pemkab kepada NPCI khususnya para atlet. Dan ini sangat bermanfaat bagi kelanjutan pembinaan atlet Disabilitas di Sidoarjo,” kata Teguh.

Teguh juga mengatakan NPCI Sidoarjo saat ini juga menyumbang lima atletnya untuk ikut kontingen Jawa Timur ke Pekan Olahraga Nasional atau Peparpenas 3 hingga 10 Oktober 2024, di Solo Jawa Tengah. [kus.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img