28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Terkendala e-Materai, Pendaftaran CPNS Diperpanjang


Pemprov, Bhirawa
Pemerintah memperpanjang jadwal pendaftaran CPNS hingga tanggal 10 September 2024. Perpanjangan selama empat hari dari yang semula ditutup hari ini, Jumat (6/9), diharapkan dapat memberi kesempatan pelamar untuk segera menyelesaikan proses pendaftaran.

Perpanjangan tersebut diumumkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melalui surat dengan Nomor : 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang penyesuaian jadwal seleksi CPNS 2024.

Dalam surat tersebut dijelaskan, perpanjangan jadwal pendaftaran disebabkan karena adanya kendala teknis pada sistem e-materai Peruri. Karena kendala tersebut, banyak pelamar CPNS yang belum dapat melakukan pembelian dan pembubuhan materai serta upload dokumen persyaratan.

“Jadi banyak yang belum bisa submit karena belum bisa membeli e-materai. Karena itu, BKN memperpanjang jadwal pendaftaran untuk seluruh instansi se Indonesia yang melakukan perekrutan CPNS,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Indah Wahyuni.

Kendala teknis pembelian e-matrai ini terjadi sejak 3 September lalu dan mulai berangsur pulih pada 4 September malam. Hal ini menjadi penyebab utama pelamar tidak dapat melakuman submit. Sebab, terdapat beberapa dokumen yang harus dibubuhi e-matrai.

Hingga kemarin, total pelamar CPNS Pemprov Jatim yang telah melakukan submit telah mencapai sekitar 9 ribu orang. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan 2.314 formasi yang dibuka pemprov tahun ini. Yuyun, sapaan akrab Kepala BKD Jatim berharap, dengan adanya perpanjangan ini akan lebih banyak calon pelamar yang mengikuti seleksi CPNS.

Berita Terkait :  Inisiatif Bersih-Bersih Sampah Paska Pendaftaran di KPU Jatim

“Kami mengimbau kepada para pelamar agar tidak menunggu waktu-waktu akhir pendaftaran untuk melakukan submit. Sehingga dapat meminimalisir potensi kegagalan teknis saat mendaftar,” jelas Yuyun yang juga Pj Bupati Lumajang tersebut.

Kendala teknis terkait e-matrai ini sempat dialami salah satu pelamar CPNS dari Sidoarjo, Doni Rusmadiansyah. Pihaknya mengaku, untum melamar CPNS dibutuhkan setidaknya dua e-matrai. Satu untuk surat lamaran pekerjaan, satu lagi untuk dibubuhkan di surat pernyataan.

“Alhamdulillah sudah berhasil submit kemarin. Memang sempat websitenya e-matrai Peruri tidak bisa diakses. Sampai hari ini (kemarin) juga masih belum bisa diakses,” jelas pelamar CPNS di instansi Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut. [tam.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img