29 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Terbaik Membayar Pelunansan PBB Desa Ngampel Gresik Raih Penghargaan

Gresik, Bhirawa.
Terbaik dalam membayar pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) se Kecamatan Balongpanggang, Desa Ngampel, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, meraih penghargaan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Camat Balongpanggang, Suryo Wibowo kepada Kepala Desa (Kades) Ngampel, Dwi Bagus Sunarya dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Lapangan Gelora 17 Agustus Balongpanggang, Sabtu (17/8).

Kades Balongpanggang Dwi Agus Sunarya menjelaskan, pelunasan PBB masyarakat bisa paling cepat dibandingkan desa-desa lain di Balongpanggang. Ia mengungkapkan bahwa perangkat desa melakukan upaya percepatan dengan jemput bola, door to door ke rumah wajib pajak.

“Setiap hari perangkat desa turun ke dusun-dusun, bahkan ada yang door to door untuk mendorong masyarakat segera melunasi PBB. Alhamdulillah penghargaan ini menjadi buah manis dari jerih payah para perangkat dan dukungan yang baik dari masyarakat karena sadar melunasi PBB lebih awal. Saya selaku Kepala Desa Ngampel menyampaikan terima kasih atas support yang baik dari seluruh perangkat desa dan masyarakat,” ujar Kades.

Pada saat jemput bola, tambahnya, tentu saja menemukan sejumlah tantangan, terutama pada saat Wajib Pajak susah untuk ditemui. Perangkat Desa pun mencoba berkomunikasi dengan berbagai media, mulai dari menitipkan pesan ke keluarga, tetangga, hingga menghubungi langsung melalui ponsel, hingga muncul kesanggupan Wajib Pajak melunasi tanggung jawabnya sebagai warga negara.

Berita Terkait :  Gus Ipul Salurkan Ratusan Bansos Penyandang Disabilitas dan Lansia

Perangkat Desa juga tidak henti hentinya koordinasi, khususnya dengan perangkat Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT). Melakukan sosialisasi dengan berbagai media, seperti pada saat ada acara sendiri di RT atau di Dusun-dusun.

Ia juga mengaku memanfaatkan media sosial untuk sosialisasi pelunasan PBB. Menurut Kades, saat ini pemuda Ngampel sudah sangat akrab dengan teknologi, karena itu sosialisasi pelunasan melalui media sosial terbilang efektif “Kami juga menyampaikan kepada masyarakat jika dengan membayar PBB ini, manfaatnya akan kembali kepada masyarakat melalui pembangunan. Terima kasih masyarakat Ngampel memiliki kesadaran yang tinggi dalam membayar PBB,” tandas Kades.

Perlu diketahui, di Kecamatan Balongpanggang ada 25 desa, tetapi hanya ada 8 desa yang berhasil memotivasi masyarakat dalam melunasi pajak di antaranya Desa Ngampel, Wonorejo, Dapet, Badungsekaran, Wotansari, Klotok, Brangkal dan Desa Ganggang.

Camat Balongpanggang, Suryo Wibowo, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja dan dedikasi Desa Ngampel dalam berbagai bidang yang berkontribusi pada kemajuan dan kebersihan desa. “Penghargaan ini bukan hanya sebuah pencapaian, tetapi juga menjadi motivasi bagi desa-desa lain untuk terus berinovasi dan berkompetisi secara sehat demi kemajuan wilayahnya masing-masing,” ujar Suryo.

Sementara itu, selain menjadi desa tercepat dalam pelunasan PBB, Desa Ngampel di momen yang sama juga meraih Juara 1 Administrasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).[eri.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img