28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Pastikan Transmisi Andal, PLN UIT JBM Siap Support Kelistrikan Upacara Kemerdekaan di Jawa Timur hingga Bali

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali pastikan sistem transmisi andal dan aman.

Surabaya, Bhirawa.
Komitmen PT PLN (Persero) menyediakan kebutuhan listrik pelanggan terus dilakukan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) dengan memastikan sistem transmisi andal dan aman, terutama saat ini untuk menyukseskan gelaran tahunan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 79.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin mengungkapkan persiapan menjadi tanggung jawab PLN dengan terus melakukan inspeksi rutin memastikan seluruh peralatan transmisi dalam kondisi optimal.

“Kesiapan keandalan sistem transmisi terus dalam pemantauan kami dengan inspeksi rutin peralatan, dan tindakan cepat yang dilakukan apabila ditemukan adanya anomali. Terutama dalam padatnya kegiatan di bulan Agustus ini dengan begitu banyaknya perayaan Kemerdekaan HUT RI ke – 79,” terangnya, Jumat (16/8).

Amiruddin menambahkan kesiapan sistem transmisi di wilayah Jawa Timur dan Bali, saat ini terus dipersiapkan dengan baik jelang Upacara Kemerdekaan. “Segala persiapan telah dilakukan untuk keandalan sistem transmisi di Jawa Timur hingga Bali jelang Upacara 17 Agustus besok yang dilakukan secara serentak. Termasuk untuk perkuatan keandalan pasokan di lokasi Upacara Gubernur Jawa Timur, UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Surabaya, Kamis (15/8) juga sudah menyiapkan dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap peralatan, termasuk pemeriksaan Thermovisi di sisi Trafo dan incoming, pengecekan arus bocor, pemeliharaan baterai, serta pengecekan DC internal pada sisi trafo di GIS (Gas Insulated Switchgear) Simpang yang mengampu penyulang Grahadi sebagai pemasok utama listrik ke Gedung Grahadi dengan beban sekitar 150 A”, jelasnya.

Berita Terkait :  KPU Proyeksikan Hasil Pemetaan Pemilih Pilbup Malang

Amiruddin menegaskan, PLN telah menyiagakan petugasnya hingga prosesi peringatan Hari Kemerdekaan usai.

“Periode siaga sudah dilakukan sejak kemarin hingga Minggu (18/8) pada GIS Simpang dengan melibatkan tim dari Jaringan dan Gardu Induk yang berada di GIS Simpang dan secara intensif memantau dan memastikan kesiapan peralatan untuk kelancaran suplai kelistrikan di lokasi Upacara, bertujuan untuk memastikan semua peralatan dalam kondisi normal dan siap selama masa siaga, sehingga upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 dapat berlangsung tanpa gangguan”, tegasnya.

Sementara itu, menurut Amiruddin perkuatan sistem transmisi juga dilakukan di Situbondo dan Banyuwangi untuk memastikan pasokan listrik ke Bali aman.

“UPT Probolinggo menyelesaikan menambah kapasitas penghantar konduktor atau disebut Uprating Konduktor MTU (Material Transmisi Utama) di GI (Gardu Induk) Situbondo dan GI Banyuwangi yang menjadi penyalur listrik ke Bali, selain untuk memastikan pasokan listrik di Bali aman selama pelaksanaan Upacara Kemerdekaan RI ke-79, juga sebagai persiapan 2 gelaran internasional IAF (Indonesia Afrika) dan High Level Forum On Multistakeholder Partnership 2024 yang kembali mendapuk Bali sebagai tuan rumah pada awal September nanti,” papar Amiruddin.

Dengan adanya langkah-langkah proaktif ini, PLN terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk kelancaran acara kenegaraan yang sakral sekaligus mengharumkan nama bangsa dimata dunia. [riq.hel]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img