27 C
Sidoarjo
Wednesday, July 17, 2024
spot_img

4.074 Peserta Memperebutkan 2.029 Kursi di Unej di Jalur UTBK Semmaba 2024


Jember, Bhirawa
Sedikitnya 4.074 peserta akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru (Semmaba) tahun 2024 untuk memperebutkan 2029 kursi yang telah dipersiapkan. Peserta UTBK Semmaba akan digelar 3 hingga 6 Juli 2024 di Kampus Tegal Boto Universitas Jember.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Slamin mengatakan, dalam kegiatan ini panitia menyiapkan 750 perangkat komputer yang tersebar di 26 lokasi ujian. Kemudian untuk memastikan sistem ujian yang dipakai berjalan dengan baik, seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta Pengolah Data, menggelar uji coba ketiga di Hari Senin (1/7) ini.

“Jalur Semmaba adalah jalur yang menjadi peluang terakhir menjadi mahasiswa baru Universitas Jember angkatan tahun 2024. Rencananya dari jalur Semmaba ini kami akan menerima 2.029 calon mahasiswa baru,” ungkap Prof Slamin.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Jember Albert Tallapesy mengingatkan, Penanggung Jawab Lokasi (PJL) dan pengawas ruangan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan tugas mengawasi proses UTBK Semmaba. Sesuai aturan maka untuk setiap 20 peserta akan diawasi oleh satu pengawas ruangan.

“Walaupun jumlah peserta tidak sebanyak saat UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes yang lalu, namun tidak berarti PJL dan pengawas ruangan boleh menurunkan tingkat kewaspadaan. Apalagi modus kecurangan makin berkembang seperti menggunakan beragam alat yang canggih. Kami dari LPMPP akan menerjunkan tim monev yang akan memastikan setiap tahapan Semmaba Universitas Jember berjalan sesuai aturan,” jelas Albert kemarin.

Berita Terkait :  Peringatan Hari Bhayangkara Polres Tuban Gelar Wayang Kulit

Di akhir rapat, Prof Slamin selaku Ketua Panitia Semmaba Universitas Jember menghimbau agar peserta menyiapkan diri sebaik-baiknya mengingat Semmaba menjadi jalur terakhir penerimaan calon mahasiswa baru di kampusnya. Selain menjaga kesehatan, peserta juga diminta melaporkan ke panitia jika kebetulan memerlukan layanan tambahan, khususnya bagi peserta difabel.

“Bagi peserta UTBK Semmaba yang karena satu dan lain hal membutuhkan layanan tambahan, jangan ragu menghubungi panitia melalui Humas Universitas Jember,” tandas Prof Slamin. [efi.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru