27 C
Sidoarjo
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Bahas Kerjasama Bidang Maritim dan EBT, Pj Sekdaprov Harapkan Peningkatan Benefit Jatim – Denmark

Pemprov, Bhirawa
Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono menerima Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia, Sten Frimodt Nielsen di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (20/6).

Dalam pertemuan itu, Bobby berharap penguatan kerjasama di bidang maritim. Terutama untuk industri perkapalan dan perikanan.

Sebagai informasi, neraca perdagangan Jawa Timur-Denmark pada 2020-2024 juga tercatat mengalami surplus bagi Jawa Timur sebesar 13,8 juta US Dollar. Di mana nilai ekspor mencapai 18,2 juta US Dollar dan impor sebesar 4,3 juta US Dollar.

Selain kerjasama di bidang maritim, dalam kesempatan tersebut Pj. Sekdaprov Bobby juga membahas potensi kerjasama untuk energi baru terbarukan (EBT). Sehingga, kedua wilayah dapat mencapai visi SDGs yang sedang dikembangkan di seluruh dunia.

“Kami juga membahas terkait energi karena di Denmark sedang giat-giatnya seperti kita untuk _go green._ Artinya bagaimana semua industri transportasi dan lain sebagainya bisa kita elektrifikasi,” katanya.

“Untuk itu, kami berharap rencana ini dapat diwujudkan di masa mendatang. Sehingga benefit yang didapat kedua negara dari kerjasama yang ada bisa meningkat,” imbuhnya.

Sementara itu, Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Sten Frimodt Nielse mengatakan bahwa kerjasama di bidang maritim memiliki potensi besar karena baik Jawa Timur dan Denmark berada dekat dengan garis pantai. Sedangkan energi listrik merupakan keniscayaan di mana semua negara di dunia harus mengupayakan.

Berita Terkait :  2025, BKAD Situbondo Ditarget Tuntaskan Sertifikasi 2.050 Bidang Tanah

“Kita punya potensi yang sama dalam dua bidang ini. Kerjasama ini bisa menambah potensi dan peluang pembangunan dan juga ekonomi di Jawa Timur,” katanya.

Di akhir, Dubes Sten mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Ia juga mengapresiasi sambutan hangat yang diberikan oleh Pemprov Jatim di sela kunjungan kerjanya.tam

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru