26 C
Sidoarjo
Friday, December 5, 2025
spot_img

Magang di PDAM Delta Tirta, Pelajari Fungsi dan Peran Customer Service


Sidoarjo, Bhirawa
Kegiatan magang reguler di PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo menjadi kesempatan bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Raden Muhammad Farhan untuk mengimplementasikan teori dan pengetahan yang didapatkan saat kuliah.

Saat magang, Fargan berfokus pada “Analisis Dan Optimalisasi Komunikasi Efektif Oleh Customer Service Dalam Penanganan Keluhan Konsumen.

“Kegiatan ini saya laksanakan selama kurang lebih 30 hari kerja, terhitung sejak 20 Agustus hingga 30 September 2025. Pengalaman ini tidak hanya memenuhi kewajiban akademik, tetapi juga menjadi arena praktik nyata dalam memahami dinamika komunikasi organisasi dan pelayanan publik di lini terdepan,” jelas Farhan lagi.

Kegiatan magang ini merupakan bagian integral dari kurikulum mahasiswa Ilmu Komunikasi, yang secara spesifik diarahkan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen keluhan dan loyalitas pelanggan.

“Fokus utama kegiatan saya adalah pada fungsi Customer Service (CS) atau layanan pelanggan di PDAM Delta Tirta. Saya merencanakan program kerja yang mencakup berbagai aspek penting, mulai dari menerima dan memberikan tanggapan atas pertanyaan maupun keluhan pelanggan melalui saluran telepon, surel, hingga media social,” jelas Farhan. Selain itu, lanjut Farhan, dirinya juga bertanggung jawab dalam pencatatan data keluhan ke dalam sistem Customer Relationship Management (CRM), membuat laporan mingguan mengenai tren masalah yang muncul, dan yang terpenting, ikut terjun langsung ke lapangan sebagai wujud komitmen nyata dalam menciptakan kepuasan pelanggan.

Berita Terkait :  Komisi C DPRD Jawa Timur Tunda Hearing dengan Pansel Bank Jatim

Selama masa magang Farhan berada dibawah bimbingan dari Dr. Merry Fridha Tripalupi, M.Si sebagai dosen pembimbing, serta didampingi langsung oleh tim profesional dari PDAM Delta Tirta.

Menurut Farhan, kegiatan magang memiliki urgensi tinggi mengingat peningkatan signifikan dalam jumlah konsumen serta keluhannya, yang berpotensi menurunkan citra di mata masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas penanganan keluhan konsumen dengan cara mengoptimalkan komunikasi efektif oleh Customer Service.

“Secara spesifik saya memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan mendengarkan aktif keterampilan komunikasi interpersonal, dan kemampuan dalam menyampaikan informasi yang jelas, sopan, serta profesional kepada konsumen PDAM,” jelas Farhan.

Menurut Farhan, selama masa magang berpartisipasi dan berkontribusi langsung dalam berbagai kegiatan operasional Customer Service dan lapangan.

Melalui magang ini, Farhan mengaku belajar bahwa fungsi Customer Service memegang peran sentral dalam menjaga citra dan loyalitas perusahaan. Di PDAM Delta Tirta, kegiatan layanan pelanggan tidak hanya sebatas menerima keluhan, tetapi merupakan jembatan komunikasi utama antara perusahaan dan pelanggan.

“Saya mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal yang baik, terutama dalam menghadapi pelanggan yang frustrasi atau tidak puas,” jelasnya.

Pengalaman magang di PDAM Delta Tirta Sidoarjo ini sungguh membuka wawasan Farhan mengenai penerapan komunikasi organisasi dalam konteks layanan publik.

“Saya mendapatkan manfaat akademis, yaitu kesempatan menerapkan konsep teori komunikasi antarpribadi, negosiasi, dan manajemen hubungan pelanggan. Sementara itu, manfaat praktis terbesar adalah peningkatan kemampuan mengelola dan menyelesaikan keluhan konsumen yang beragam secara professional,” jelas Farhan lagi.

Berita Terkait :  Magang di PDAM Delta Tirta, Momentum Mahasiswa Untag Belajar Melayani Warga

Secara khusus Farhan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai PDAM Delta Tirta yang telah memberikan bimbingan, serta kepada Dosen Pembimbing, Dr. Merry Fridha TriPalupi, M.Si, atas arahan yang diberikan. [why]

#KomunikasiUntag
#UnderstandingEmpowering
#KitaUntagSurabaya
#UntukIndonesia
#UntagSurabayaKeren
#EcoCampus
#KampusKompeten

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru