27 C
Sidoarjo
Monday, October 28, 2024
spot_img

Dorong Pemuda Situbondo Tingkatkan Indeks Pembangunan Kepemudaan

Pemkab Situbondo, Bhirawa.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan mengemukakan capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran dan masif di seluruh wilayah Indonesia.

“Oleh karena itu sungguh tepat, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini mengangkat tema ‘Maju Bersama Indonesia Raya’,” katanya membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI saat menjadi inspektur Upacara Peringatan ke-96 Sumpah Pemuda di halaman Kantor Pemkab Situbondo, Jawa Timur, Senin (28/10).

Menurut Sekda Wawan, seluruh pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi, dan media harus bergerak secara sinergis, terpadu, holistik, sehingga terbangun ekosistem pelayanan kepemudaan yang inovatif yang mendukung tumbuh-kembangnya kepemudaan yang maju, berkarakter kebangsaan dan berdaya saing.

Tema Hari Sumpah Pemuda 2024 “Maju Bersama Indonesia Raya”, kata dia, menyampaikan pesan seluruhnya untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera.

Dia menyebutkan dari capaian Indeks Pembangunan Pemuda atau IPP yang menjadi indikator kualitas kepemudaan pada tahun 2024 yakni 56,33 persen. Rinciannya, capaian domain pendidikan sebesar 70,00 persen, domain kesehatan dan kesejahteraan sebesar 65,00 persen, domain gender dan diskriminasi sebesar 53,33 persen, sedangkan domain lapangan dan kesempatan kerja sebesar 45,00 persen dan domain partisipasi dan kepemimpinan sebesar 43,33 persen.

Berita Terkait :  Kejari Surabaya Damaikan Perkara Penelantaran Bayi melalui Rumah RJ

Terpisah Kadisparpora Kabupaten Situbondo, Puguh Wardoyo mengaku siap untuk mewujudkan harapan dari Sekda Wawan Setiawan. Caranya, tutur dia, ikut menggelorakan semangat pemuda Situbondo kedepan serta menyongsong program Indonesia Emas 2045. Dengan demikian, akunya, diperlukan strategi kedepan untuk membangun kepemudaan di Kabupaten Situbondo. “Dengan mendukung pendidikan formal, sehingga tuntas setidaknya sampai program S1, hingga S2 dan S3,” imbau mantan Kabag Organisasi Setdakab Situbondo itu.

Puguh kembali menuturkan, kapasitas kepribadian para pemuda harus ditopang oleh pelatihan, bimbingan tehnis terkait kewirausahaan pemuda sehingga kedepan lebih baik. Kedepan, Puguh juga ingin para pemuda Situbondo terus produktif dan mandiri, yang harus terus digelorakan oleh para pemuda dalam membangun bangsa, negara dan juga membangun Kabupaten Situbondo. “Kami terus support pembangunan kepemudaan dan juga keolahragaan sebagai potensi pemuda,” urai Puguh. [awi.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img