26 C
Sidoarjo
Thursday, October 24, 2024
spot_img

Warga Wadak Kidul Kecamatan Duduksampeyan Kini Tak Repot Lagi Dapatkan Air Bersih

Pemkab Gresik, Bhirawa.
Warga Desa Wadak Kidul, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik kini bisa tersenyum lega. Meski musim kemarau seperti sekarang tidak perlu repot lagi untuk mendapatkan air bersih. Ini setelah masuknya instalasi PDAM ke wilayahnya yang dilakukan Perumda Giri Tirta Gresik.

Sebelumnya, masyarakat Desa Wadak Kidul sudah bertahun-tahun mengharapkan instalasi air dari PDAM bisa menjangakau wilayah mereka yang jaraknya cukup jauh dari perkotaan. ” Tapi alhamdulillah, instalasi air PDAM sudah masuk ke Desa Wadak Kidul sekarang. Air sudah mengalir, sehingga warga kami tak kesulitan air bersih terlebih saat musim kemarau seperti sekarang,” ujar Muhammad Hamam, Kepala Desa (Kades) Wadak Kidul, Kamis (24/10).

Ia mengatakan bahwa di Desa Wadak Kidul, terdapat 645 kepala keluarga (KK) yang telah mendapatkan sambungan instalasi air bersih. Sebelumnya, mereka memanfaatkan telaga dan sumur untuk kebutuhan sehari-hari, yang mana kondisi kedua sumber mata air itu mengering saat kemarau. “Sebetulnya kalau kemarau air sumur warga masih nyumber (keluar air), namun tidak layak konsumsi karena rasanya asin dan pahit,” tuturnya.

Setelah instalasi dari PDAM masuk dan air mengalir, warga menjadi nyaman karena kebutuhan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, masak, dan lainnya tercukupi.”Mewakili warga Wadak Kidul tentu saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Gresik, dan Perumda Giri Tirta yang telah merespon dan mewujudkan harapan warga untuk mendapatkan aliran air bersih,” kata Hamam.

Berita Terkait :  Kodim 0803/Madiun Gelar Karya Bhakti dan Bakti Sosial HUT Ke-79 TNI

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) Gresik, Ida Lailtus Sa’diyah, menyebut pembangunan pipa jaringan dan sambungan rumah di Desa Wadak Kidul, Kecamatan Duduksampeyan, dilakukan secara gratis.

Pembangunan instalasi air (pipa) di sana menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gresik atau Perumda Giri Tirta Gresik. “Ada delapan desa dengan sekitar 5 ribu lebih sambungan rumah (SR) yang sudah terpasang instalasi dengan distribusi air Umbulan Pasuruan. Semua instalasi gratis dalam program ini,” ucap Ida.

Pada DAK Tahun Anggaran (TA) 2023, ia menjelaskan ada 8 desa di Kecamatan Duduksampeyan yang mendapatkan sambungan instalasi PDAM dan SR. Adapun daerah dimaksud yakni, Desa Duduk, Wadak Kidul, Wadak Lor, Sumari, Sumengko, Petisbenem, Kemudi, dan Kawisto Windu.

Sedangkan untuk DAK Tahun 2024, lanjut Ida, ada 2 desa yang mendapatkan sambungan instalasi dari PDAM, yakni Desa Setrohadi dan Kramat. “Kami sudah lakukan trial (uji coba). Air sudah ngalir. Bagus airnya. Insya Allah sebelum akhir tahun 2024 sudah mengalir lancar,” sebutnya.[eri.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img