35 C
Sidoarjo
Wednesday, October 23, 2024
spot_img

TACB Jombang Sudah Rekomendasikan Situs Kelahiran Bung Karno untuk Ditetapkan

Jombang, Bhirawa.
Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Jombang sudah merekomendasikan Situs Kelahiran Bung Karno yang berada di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang untuk ditetapkan kepala daerah setempat sebagai cagar budaya peringkat kabupaten.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua TACB Kabupaten Jombang, Nasrul Illah atau Cak Nas usai acara seminar nasional tentang Bung Karno di Jombang dalam rangkaian Jombang Fest 2024, Selasa (05/10).

Hasil kajian dan rekomendasi itu telah ditandatangani TACB Jombang sejak sekitar sepekan sebelum seminar nasional tentang sejarah Bung Karno di Jombang dilaksanakan.

“Sudah kita rekomendasikan ke Bupati. Cuma kewenangan kita kan hanya menyampaikan (rekomendasi itu) ke Disdikbud Jombang,” kata Nasrul Illah.

“Itu dibawa ke bagian hukum. Kemudian bagian hukum menelaah. Harapan kita memang bulan ini sudah ditetapkan oleh Bupati Jombang,” tandasnya.

Pada perjalanannya, rumah kelahiran Bung Karno yang berada di Desa Rejoagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang ini didaftarkan kepada Disdikbud Kabupaten Jombang pada akhir tahun 2023 oleh Situs nDalem Pojok Wates Kediri pada momen seminar tentang Majapahit, NU, dan Bung Karno.

Setelahnya, pada tahun 2024, kajian tentang hal itu intens dilakukan oleh Disdikbud Jombang dan TACB Kabupaten Jombang. Dalam melakukan pengumpulan data, tim juga melakukan pendekatan kultural ke keluarga Bung Karno di Blitar dan Kediri.

Kemudian juga ke keluarga Ibunda Bung Karno di Buleleng Bali. Terakhir, TACB Jombang dan Disdikbud Jombang juga datang ke Jakarta untuk menemui Ketua Yayasan Pendidikan Bung Karno dan Rektor UBK, serta Ketua Yayasan Bung Karno, Guruh Soekarno Putra.

Berita Terkait :  Jabatan Direktur RSUD dan Kepala DPMD Kabupaten Tulungagung Terisi

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan sejumlah bukti baik bukti fisik bangunan, bukti-bukti tertulis dan sejumlah testimoni warga Jombang, Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno atau Bung Karno dilahirkan di Ploso pada tanggal 6 Juni 2024.

Saat itu Ploso masih menjadi bagian dari Karesidenan Surabaya. Kabupaten Jombang sendiri baru terbentuk pada tahun 1910 seiring dilantiknya R.A.A Soeroadiningrat IV sebagai Bupati Jombang pertama. [rif.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img