29 C
Sidoarjo
Sunday, October 13, 2024
spot_img

Tulungagung Punya Sumbangsih Besar bagi Kemajuan Jatim

Tulungagung, Bhirawa.
Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, menyebut Kabupaten Tulungagung punya sumbangsih yang cukup besar pada kemajuan Jatim. Utamanya dari sektor pertanian, penurunan angka kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi.

“Kontribusi Tulungagung yang paling besar di pertanian. Tulungagung termasuk salah satu produksi padi tertinggi di Jatim,” ujar Pj Bupati Heru Suseno usai upacara Hari Jadi Provinsi Jatim tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Sabtu (12/10).

Menurut dia, dengan kontribusi produksi padi tertinggi, Tulungagung bersama kabupaten lainnya seperti Ngawi, Lamongan dan Kediri menjadikan Jatim sebagai lumbung padi nasional. “Produksi padi Jatim sebesar 9,7 juta ton atau setara beras 5,75 juta ton. Kontribusi Jatim 17.8 persen tertinggi se-Indonesia,” sambungnya.

Selain itu, sumbangsih Tulungagung untuk Jatim, menurut Pj Bupati Heru Suseno adalah di penurunan angka kemiskinan. Tulungagung dua tahun berturut-turut dapat mempertahankan kemiskinan ekstrem yang 0 persen.

Saat ini angka kemiskinan di Jatim turun drastis dari dua digit menjadi satu digit. Yakni di angka 9,97 persen.

“Ini semua berkat kerja bersama yang sudah dikerjakan kabupaten/kota se-Jatim sesuai tema Hari Jadi Provinsi Jatim tahun 2024, Jawa Timur Bersatu Bersama Untuk Maju,” paparnya.

Selanjutnya pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim ini membeberkan jika pertumbuhan ekonomi Tulungagung yang mencapai 6,35 persen punya peran besar juga dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jatim. “Pertumbuhan ekonomi Jatim sangat positif, Di angka 4,98 persen menjadi yang tertinggi di pulau Jawa,” terangnya.

Berita Terkait :  UPT Klaster Lansia Juara Umum Lomba Peringatan HUT RI se-Dinsos Jatim

Pj Bupati Heru Suseno menyatakan banyak prestasi yang telah diperoleh Jatim di usianya yang ke-79 tahun. Termasuk dengan jumlah desa mandiri di Jatim yang kini berjumlah 4.079. “Jumlah desa mandiri di Jatim yang tertinggi di Indonesia dan tahun-tahun berikutnya akan terus bertambah,” tuturnya.

Pj Bupati Heru Suseno lantas mengucapkan terima kasih melalui Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, pada semua jajaran mulai DPRD Jatim dan DPR Kabupaten/Kota se-Jatim serta Forkopimda di Provinsi dan Kabupaten/Kota dan seluruh warga Jatim, karena atas kerja bersama Jatim tetap pada psisi prestasi yang membanggakan. “Tentunya harapan terakhir bahwa Jatim semakin sejahtera menjadi capaian tujuan kita,” pungkasnya. [wed.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img