28 C
Sidoarjo
Saturday, October 5, 2024
spot_img

HM Anton Tegaskan Maju Calon Wali Kota Malang Bukan Ambisi Pribadi

Kota Malang, Bhirawa.
H M Anton atau Abah Anton menegaskan kepada publik jika majunya menjadi calon Wali Kota Malang bukan karena ambisi atau bahkan mencari pekerjaan. Namun karena perintah atau dorongan dari para ulama, kiai dan masyarakat agar Kota Malang kedepan lebih baik lagi.

Pernyataan itu disampaikan Abah Anton saat hadir di acara Maulid Nabi Muhammad Saw bersama warga dan para kiai di kawasan kelurahan Arjowinangun Sabtu (28/9).kemarin. Disampaikan Anton dirinya pernah menjabat Wali Kota Malang sejak 2013-2018, dan gaji tidak pernah diambil. “Gaji saya bahkan saya berikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Sebenarnya tidak mau maju lagi menjadi calon Wali kota,” tutur Abah Anton, Minggu (29/9).

Lebih lanjut Abah Anton mengatakan, karena dia sangat dekat dan taat dengan para ulama dan kiai, maka harus menjalankan apa yang diamanahkan. “Begitu juga calon wakil saya, Pak Dimyati Ayatullah. Selain pengusaha sukses juga dekat dengan ulama dan kiai,” ungkapnya.

Bersama ABADI (Abah Anton-Dimyati) siap membawa perubahan dan kemajuan bagi kota Malang. “Mari kita berjuang bersama untuk mewujudkan itu. Yang tak kalah penting, tanggal 27 November nanti ayo datang ke TPS untuk memberikan hak suara,” ajak Abah Anton.

Dia juga menyinggung soal maraknya pembagian sembako murah dan bahkan gratis. “Kalau dikasih ya tidak apa-apa kalau mau diterima. Tapi soal pilihan urusan nanti, karena masyarakat kita sudah cerdas. Apakah masa depan Kota Malang hanya diukur dengan sembako? Jangan gadaikan 5 tahun kota kita hanya dengan sembako,” tegas Abah Anton.

Berita Terkait :  Pensiunan ASN Sidoarjo Lomba Menyanyi Peringati HUT PWRI

Setelah dari acara Maulid Nabi Muhammad Saw, Abah Anton menghadiri wisuda santri di pesantren Tahfidzul Quran Nurul Furqon di kawasan kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen. Kedatangan Abah Anton pun disambut antusias oleh para kiai, santri dan wali santri.

Terkait dengan gaji yang tidak pernah diambil, bukan hanya sekedar cerita tetapi disampaikan salah satu diantaranya adalah Imam Rofi i menjadi saksi langsung terhadap kebijakan tak tertulis yang begitu mulia, tersembunyi bertahun-tahun menjadi rahasia umum.

Abah Anton, yang ketika menjabat sebagai Wali Kota tak pernah bertanya tentang gajinya. Selama menjalankan tugas sebagai pemimpin Kota Malang, soal nominal itu tidak pernah disebut sama sekali.

Tentang gaji ini Imam bercerita bahwa setiap bulan ia yang memegang rekening gaji Abah Anton. Gaji tersebut tidak pernah diminta oleh Abah Anton, meski telah menumpuk hingga jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah. Imam menceritakan, saat gaji sudah lebih dari seratus juta justru dirinya yang proaktif mengingatkan Abah Anton. “Bagaimana Bah, gaji ini sudah lebih dari seratus juta, dicairkan kah?” Ucap Imam menirukan dialog kenangan kala bersama Abah Anton.

Jawaban Abah Anton yang diterima Imam selalu sederhana dan tak terduga. “Cairkan saja, dan belikan sembako untuk keperluan santunan anak yatim,”tutur Imam.

Selama lima tahun, Imam menjadi saksi bahwa hak gaji seorang Wali Kota tidak pernah dimanfaatkan untuk keperluan pribadi Abah Anton. Justru, gaji tersebut disalurkan kepada mereka yang lebih membutuhkan, seperti anak yatim dan masyarakat miskin.

Berita Terkait :  Bupati Lepas 89 PNS Pemkab Situbondo Masuki Masa Purna Tugas

Pengalaman ini menjadi sangat berkesan bagi Imam, menjadi pelajaran berharga selama dirinya mendampingi seorang pemimpin dengan hati yang begitu mulia. “Saya tidak ingin berlebihan dalam menceritakan, tetapi ini adalah kenyataan yang saya alami sendiri sebagai saksi langsung,” ujar Imam.

Bagi Imam, Ini bukan sekadar cerita tentang seorang pemimpin, tetapi kisah inspiratif yang tulus dalam pengabdian dan kepedulian terhadap sesama. Abah Anton, dalam kesederhanaannya, menunjukkan bahwa jabatan bukanlah soal keuntungan pribadi, melainkan tentang bagaimana bisa memberi dampak positif bagi masyarakat yang lebih luas. [mut.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img