25 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

KPU Kabupaten Situbondo Gelar Penetapan Pasangan Cabup dan Wabup Situbondo Untuk Pilkada Serentak Tahun 2024

Situbondo, Bhirawa
KPU Kabupaten Situbondo secara resmi menetapkan dua pasangan calon bupati dan wakil Bupati Situbondo periode tahun 2024-2029, di Hotel Rosali Minggu (22/9). Kedua pasangan calon bupati dan wakil Bupati tersebut yakni Karna Suswandi-nyai Khoirani dan Yusuf Rio Wahyu Prayogo-Ulfiyah.

    Menurut Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Hadi Prayitno, penetapan calon bupati dan wakil Bupati ini melalui proses yang panjang, mulai pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan berkas hingga masa tanggapan dari masyarakat. “Kami memutuskan dari tahapan tahapan tersebut, akan diumumkan penetapan calon bupati dan wakil Bupati Situbondo hari ini,” tutur Hadi Prayitno.

    Masih kata Hadi Prayitno, pendaftaran calon bupati dan wakil Bupati di Kabupaten Situbondo seperti yang diumumkan ada dua calon, yang didaftarkan ke KPU Situbondo pada hari pertama dan hari ketiga, sesuai dengan tahapan. Lalu, tambah Hadi, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan calon. “Hasil pemeriksaan kesehatan sudah kami umumkan juga. Kedua pasangan sama direkomendasikan memenuhi syarat,” papar mantan wartawan itu.

    Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Hadi Prayitno, saat menyerahkan surat penetapan kepada LO partai pendukung pasangan Yusuf Rio Wahyu Prayogo-Ulfiyah, di Hotel Rosali, Minggu (22/9). foto : sawawi/bhirawa

    Hadi menegaskan terkait tahapan verifikasi dan seterusnya persyaratan awal disampaikan saat pendaftaran dimana ada dua yakni syarat pencalonan dan syarat calon. Dan saat itu juga, lanjut Hadi, sudah ada proses perbaikan berkas calon sesuai dengan aturan KPU yakni hanya perbaikan calon dan bukan perbaikan pencalonan. “Selanjutnya memasuki tahapan tanggapan dan masukan dari masyarakat. Pada tahapan ini tidak ada sama sekali tanggapan yang disampaikan masyarakat kepada KPU Kabupaten Situbondo ,” urai Hadi Prayitno.

    Berita Terkait :  Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemdes Sidoraharjo Gresik Perluas Tambak Budidaya Ikan

    Hadi kembali menuturkan, kedua calon bupati dan wakil Bupati sudah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tahapan. Untuk itu, Hadi mengajak kepada seluruh elemen, khususnya partai politik untuk bersama sama melaksanakan tahapan berikutnya dengan baik. Selain itu, ungkap Hadi, pihaknya sudah mempedomani semua peraturan dan kesepakatan-kesepakatan seperti yang ditentukan. “Untuk itu saya mengajak semua pimpinan partai politik, ikut mengawal pelaksanaan pilkada ini sehingga dapat berjalan dengan baik sehingga bisa menikmati hasilnya yang berkualitas. Harapan kami yakni mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pimpinan partai politik,” pungkas Hadi, yang didampingi seluruh komisioner KPU kabupaten Situbondo. (adv.awi)

    Berita Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Follow Harian Bhirawa

    0FansLike
    0FollowersFollow
    0FollowersFollow
    spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

    Berita Terbaru

    spot_imgspot_imgspot_img