29 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Masa Perbaikan Dokumen Bapaslon Pilkada Kota Batu Terselesaikan

Kota Batu,Bhirawa.
Masa perbaikan dokumen dan verifikasi bakal pasangan calon (bapaslon) Pilkada Kota Batu 2024 telah dilalui dengan baik dan lancar. Puncaknya, KPU Kota Batu menyerahkan hasil penelitian Persyaratan Administrasi Bacawali- Bacawawali kepada masing- masing bapaslon di kantor KPU setempat, Sabtu (14/9).

Pelaksanaan penyerahan dipimpin langsung Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto. Ia menyatakan bahwa tahapan verifikasi administrasi dapat dilakukan dengan baik. Hal ini berkat kerja sama dan tanggung jawab bersama antara KPU Kota Batu sebagai penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) dengan partai politik (parpol) sebagai peserta.

“Akhirnya pada hari ini 14 September, kita (KPU Kota Batu) menyerahkan hasil verifikasi administrasi yang telah kita lakukan,” ujar Heru, Sabtu (14/9).

Ia mengatakan bahwa rangkaian panjang penelitian dokumen administrasi tiga bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu telah dimulai pada 29 Agustus 2024 lalu. Dan atas kolaborasi yang baik antara penyelenggara dan peserta maka tahapan ini bisanm terselesaikan.

Kemudian Ketua Divisi Teknis KPU Kota Batu, Thomi Rusydiantoro menjelaskan hasil penelitian berdasarkan urutan pendaftaran bapaslon pada masa penerimaan 27 – 29 Agustus 2024. “Saya bacakan berita acaranya keseluruhan dan kesimpulan dari proses pendaftaran ini. Jadi, tadi sudah izin di awal prosesnya (pembacaan) dimulai dari yang pertama mendaftar,” jelasnya.

Pertama, dokumen persyaratan administrasi bapaslon Firhando Gumelar dan H Rudi dinyatakan lengkap dan benar. Keduanya diusung oleh gabungan partai politik yang terdiri dari Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Golongan Karya, dan Partai Demokrat dengan jumlah perolehan suara sah pada Pemilu 2024 sebesar 56.865 suara.

Berita Terkait :  Kondisi Kesehatan Arselo, Bayi Kembar Siam Asal Tulungagung Terus Membaik

Kedua, dokumen persyaratan administrasi bapaslon Kris Dayanti dan Kresna Dewanata Phrosakh juga dinyatakan lengkap dan benar. Keduanya diusung oleh gabungan partai politik yang terdiri dari Partai NasDem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan jumlah perolehan suara sah pada Pemilu 2024 sebesar 32.956 suara

Dan yang terakhir atau ketiga, dokumen persyaratan administrasi bapaslon Nurochman SH MH dan Heli Suyanto, SH MM dinyatakan lengkap dan benar. Keduanya diusung oleh gabungan partai politik yang terdiri dari Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerakan Indonesia Raya dengan jumlah perolehan suara sah pada Pemilu 2024 sebesar 44.701 suara

Setelah hasil penelitian administrasi diserahkan kepada masing- masing bapaslon, KPU Kota Batu menyerahkan Berita Acara Penelitian (BAP) Persyaratan Administrasi Hasil Perbaikan Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu Tahun 2024. “BAP ini kiya serahkab kepada masing-masing Liaison Officer (LO) bapaslon dan Bawaslu Kota Batu,” jelas Thomi.

Setelah hasil penelitian administrasi bapaslon ini dipublikasikan, masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan. Proses ini bisa dilakukan masyarakat terhadap bapaslon walikota dan wawalikota mulai tanggal 15 September selama empat hari atau berakhir pada 18 September 2024.

Masyarakat bisa memantau detail pengumuman hasil penelitian administrasi, dokumen visi-misi dan program ketiga bapaslon. Selain bisa berinteraksi dengan bapaslon, masyarakat juga bisa melakukan pemantauan dengan melihat pada tautan pengumuman milik KPU Kota Batu.(nas.hel)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img