32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Ikuti Simulasi ANBK 2024, Sekolah Pastikan Kesiapan Jelang Asesmen Nasional


Kota Madiun, Bhirawa
Seluruh SMP di Kota Madiun akan mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024 pekan depan. Untuk memastikan kesiapan seluruh sekolah, maka pekan ini dilaksanakan simulasi ANBK yang langsung dikomandoi pemerintah pusat.

Salah satunya di SMPN 3 Kota Madiun. Kamis (5/9), siswa yang terpilih mengikuti asesmen mengerjakan serangkaian soal melalui Chromebook masing-masing di ruangan khusus. Adapun soal yang dikerjakan merupakan distribusi langsung dari Kemendikbudristek.

“Ada 45 siswa yang terpilih mengikuti asesmen, ditambah lima orang cadangan. Mereka terpilih secara sampling dari pusat. Simulasi ANBK berlangsung dua hari. Yakni, Rabu kemarin dan hari ini,” ujar Waka Kurikulum SMPN 3 Kota Madiun, Umi Nur Hasanah.

Bagi siswa yang terpilih mengikuti asesmen, menurut Umi, merupakan pilihan secara acak dari pusat. Seluruhnya adalah siswa kelas VIII. Sehingga, pihak sekolah tidak dapat melakukan intervensi. Pengumuman siswa yang terpilih juga dilakukan dua pekan sebelum ANBK dilaksanakan. Meski begitu, SMPN 3 telah berupaya membekali seluruh siswanya agar dapat menghadapi ANBK dengan baik. Sebab, hasil ANBK siswa nantinya berpengaruh terhadap nilai rapor pendidikan sekolah.

Adapun pembekalan, Umi menjelaskan, dilakukan setiap kegiatan belajar mengajar (KBM). Seluruh siswa kelas VIII telah dilatih dengan materi pembelajaran yang biasa dikeluarkan dalam ANBK. Kemudian, setelah siswa terpilih diumumkan, pihak sekolah kembali melakukan pemantapan psikologis agar siswa lebih siap menghadapi asesmen.

Berita Terkait :  Dosen Perempuan Pertama Raih Dr Willmar Schwabe Award

Berdasarkan hasil ANBK tahun lalu, SMPN 3 mendapatkan hasil rapor pendidikan yang cukup memuaskan. Dari enam indikator, yakni kemampuan numerasi murid, kondisi kebhinekaan sekolah, karakter murid, kualitas pembelajaran, kondisi keamanan sekolah, dan kemampuan literasi murid, seluruhnya mendapatkan spektrum warna hijau. Artinya, hasil capaian baik/tinggi.

“Hasil ANBK ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi kami untuk menentukan program sekolah selanjutnya yang perlu ditingkatkan,” jelasnya.

Umi juga menjelaskan, seluruh kegiatan simulasi ANBK selama dua hari telah berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Sehingga, pihak sekolah telah siap mengikuti ANBK pekan depan. ”Tinggal kami upayakan agar siswa yang terpilih bisa siap mengikuti asesmen,” jelasnya. [dar.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img