29 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Sebanyak 302 SISWA SD Ikuti Senam Pelajar Pancasila

Bentuk Karakter Siswa Tangguh dan Berintegritas

Tuban, Bhirawa
Sebanyak 302 siswa antusias mengikuti Senam Pelajar Pancasila sebagai pembuka Upacara Hari Pramuka Ke-63 Tahun 2024 di Lapangan Sepakbola GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban(14/8/).

Di hadapan tamu undangan dan peserta Upacara yang diantaranya adalah Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE dan Forkopimda Tuban, Kepala OPD dan Camat Se-Kabupaten Tuban, Jajaran Kwarcab Tuban sampai di tingkat ranting, para pelajar dari SD Negeri dan Swasta di Kecamatan Tuban ini tampil lincah dan atraktif.

Menurut Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD Kecamatan Tuban selaku Penanggung Jawab, Kasmulik SPd MPd, Senam Pelajar Pancasila adalah senam yang dirancang khusus untuk menanamkan pola hidup sehat serta membentuk karakter siswa yang tangguh dan berintegritas.

“Dengan landasan kuat pada nilai-nilai Pancasila. Senam ini menjadi sarana efektif dalam memupuk rasa cinta tanah air dan memperkuat jiwa patriotisme di kalangan generasi muda,” ujarnya.

Kepala UPT SDN Latsari Tuban ini menjelaskan, persiapan senam pelajar pancasila diawali dengan sosialisasi kepada sekolah-sekolah sebagaimana permintaan Kwarcab Tuban yang selanjutnya di bagi kuota peserta setiap sekolah.

“Dengan kolaborasi dan sinergi antar sekolah SD di Kecamatan Tuban, alhamdulillah kita bisa menyiapkan dan menampilkan yang terbaik,” ungkapnya.

Sebelum tampil, para pelajar sudah melakukan latihan di sekolah yang selanjutnya dilaksanakan latihan bersama tiga kali dan gladi bersih.

Berita Terkait :  Dava Giustizia Trio Hadirkan Musik Jazz Berkelas Internasional

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky SE, dalam sambutanya mengajak Pramuka Tuban untuk terus mengoptimalkan potensi diri dan organisasi. Mulai dari jenjang siaga, penggalang, dan penegak. Pemkab Tuban berkolaborasi dengan Pramuka akan menyediakan beasiswa pendidikan bagi anggota Pramuka aktif berprestasi maupun mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bupati juga mendorong Kwarcab Tuban agar mampu menyelenggarakan kegiatan kepramukaan lebih intens. Hal tersebut sebagai bentuk jawaban atas kepercayaan masyarakat terhadap Gerakan Pramuka yang mampu melahirkan kader-kader pembangunan.

“Karena Pramuka menjadi wadah pengkaderan bagi calon pemimpin di masa mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Tuban, Kapten Inf (Purn) Kacuk Karsono, menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban terhadap kegiatan kepanduan di Kabupaten Tuban. Menjawab kepercayaan yang diberikan, Kwarcab Tuban akan terus mengembangkan kemampuan anggotanya pada berbagai kegiatan.

Kacuk Karsono menjelaskan, pihaknya terus mendorong anggota Pramuka terus berkontribusi memberikan karya terbaik dan menorehkan prestasi setinggi-tingginya. Hingga pertengahan Agustus 2024, sebanyak 1.050 anggota telah termasuk kategori Pramuka Garuda pada berbagai jenjang.

“Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega,” tandasnya. [hud.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img