29 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Keberadaan Anggota Satlinmas di Sidoarjo Sangat Penting

Sidoarjo, Bhirawa.
Camat Sukodono, Drs M.Solikin MSi, menganggap keberadaan anggota Linmas di desa sangat penting. Sebab tidak hanya menjalankan tugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban saja, tetapi juga menjalankan tugas lain yang diamanatkan dalam Permendagri.

Salah satunya juga bisa membantu dalam penanggulangan bencana. Mendekati Pilkada serentak tahun 2024 ini, Linmas juga mendapat tugas dalam pengamanan Pilkada. “Tugas Linmas banyak, tidak hanya menjaga ketertiban saat ada hajatan saja di desa, namun demikian anggaran yang ada di desa untuk anggota Linmas ini terbatas,” kata Solikin, di Kantor Kecamatan Sukodono, Selasa (23/7) kemarin, ketika menjadi pembicara dalam pembinaan dan pemberdayaan Linmas Sidoarjo menghadapi Pemilukada serentak 2024 .

Karena banyaknya tugas dari Linmas, sehingga tidak bisa 100% tugas bisa dijalankan dengan sempurna. Maka Solikin, menghimbau supaya warga masyarakat di Kecamatan Sukodono, dalam hal keamanan, supaya bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

Solikin dalam kegiatan yang digelar oleh Satpol PP Kabupaten Sidoarjo itu, sempat mengatakan wilayah Kecamatan Sukodono sedang diramaikan dengan seringnya kejahatan Curanmor.

Belum lama ini, dalam waktu 5 menit saja, dua kendaraan roda dua matic, digondol pencuri. Kecamatan Sukodono, saat ini jumlah penduduknya sekitar 131.000 an jiwa. Banyak penduduk datang ke wilayah ini, karena banyak area industri dan komplek perumahan.

Kanit Samapta Polsek Sukodono, Aipda Wiwit Yulianto, SH, dalam kesempatan itu juga titip kepada para 19 anggota Satlinmas di Kecamatan Sukodono, yang ikut dalam kegiatan tersebut agar waspada di wilayah tersebut.

Berita Terkait :  Lima Parpol Bisa usung Bacalon Tanpa Koalisi di Pilkada Bondowoso

Diantaranya masalah gangster, Narkoba, yang pelakunya anak-anak masih dibawah umur. Para anggota Linmas kalau menjumpai masalah itu, segera koordinasi dengan RT dan RW.

Mereka juga mendapat pesan khusus, supaya tetap dan terus memantau anggota yang eks teroris. Apa yang terjadi bisa difoto dan dividio.

Kepala Bidang Linmas Satpol PP Kabupaten Sidoarjo, Heri Purwanto ST, kegiatan yang dilakukan kepada para anggota Linmas ini untuk memberi ilmu dan pengetahuan baru kepada anggota Satlinmas yang ada di desa. Karena mereka menjadi garda terdepan dalam mengatasi masalah keamanan dan ketertiban.

“Apalagi sebentar lagi, pada 27 November 2024, akan ada Pilkada serentak di Sidoarjo. Anggota Linmas perlu mendapat bekal pengetahuan terbaru,” kata Heri, dalam kesempatan itu.[kus.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img