Sajian pedas nan menggoda! mahasiswa antusias menyajikan “Pentol Kuah Kobong” di festival kuliner Pesta Perut UNTAG Surabaya, Rabu (11/6).
Surabaya, Bhirawa
Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya dipadati ribuan pengunjung pada Rabu, 11 Juni 2025, dalam gelaran “Pesta Perut”, festival kuliner hasil proyek akhir mahasiswa semester 4 Ilmu Komunikasi dari mata kuliah Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).
Menghadirkan 35 tenant makanan dan minuman, acara ini melibatkan 137 kelompok mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi dan Administrasi Bisnis. Tenant diisi oleh mahasiswa semester 6 mata kuliah Entrepreneurship Communication dan Kewirausahaan, sementara penyelenggara berasal dari mahasiswa semester 4 MICE. Ragam kuliner yang disajikan mencakup hidangan tradisional hingga modern.
“Kami ingin memberi ruang praktik langsung dalam kewirausahaan dan manajemen event,” ujar Gita, perwakilan panitia.

Suasana ramai pengunjung di area tenant festival kuliner “Pesta Perut” yang digelar di Lapangan Graha Wiyata UNTAG Surabaya, Rabu (11/6/2025). Acara ini menjadi ajang praktik kewirausahaan bagi mahasiswa lintas program studi.
Selain bazar kuliner, acara juga diramaikan lomba fotografi bertema “Foto-in Pesta Perut” bagi pelajar SMA/SMK, serta penampilan seni, mulai dari tari tradisional oleh Sdri. Sukma hingga musik akustik oleh Anucara dan Archverse7323.
Acara ini turut didukung sponsor eksternal seperti BeautyInu, MMG Production, Cheers, CV. Sentra Niaga Global (Kanik), dan Paffie Shop, yang menambah nilai profesional dan membuka peluang jejaring bisnis.
Lebih dari sekadar festival, Pesta Perut menjadi wadah edukatif yang mengasah keterampilan mahasiswa dalam kewirausahaan, komunikasi, dan manajemen event.
“Kami berharap acara ini terus memotivasi mahasiswa untuk berinovasi dan menjadi agenda tahunan FISIP UNTAG,” tambah Gita.
Pesta Perut membuktikan bahwa event berbasis MICE bisa menjadi media pembelajaran aplikatif yang inspiratif dan menyenangkan bagi generasi muda. Alina Ruskamila.wwn