30 C
Sidoarjo
Wednesday, October 9, 2024
spot_img

Jatim Ditunjuk Jadi Pilot Projek Model Pengembangan Kurikulum Literasi Finansial


Kandindik: Kebutuhan dan Keterampilan yang Harus Dimiliki Siswa
Dinas Pendidikan Jatim, Bhirawa
Pemerintah tengah mengembangkan kurikulum bagi satuan Pendidikan yang diprioritaskan pada tiga isu prioritas kebijakan pendidikan. Diantaranya, Pengembangann model Kurikulum satuan pendidikan terkait dengan Pencegahan Ekstremisme berbasis Kekerasan, Pendidikan Perubahan Iklim, Literasi Finansial, dan Pendidikan Kesehatan. Setidaknya ada 18 satuan Pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi pilot projek untuk masing-masing Kurikulum yang terbagi.

Terkait literasi finansial, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbud menunjuk Jawa Timur, Jakarta dan Pontianak sebagai daerah pengembangan model literasi finansial.

Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Dr. Yogi Anggraena, menuturkan ditunjuknya Jawa Timur dalam pengembangan model literasi finansial karena literasi dan inklusi keuangan di Jawa Timur (Jatim) menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Pada tingkat SMA BSKAP menunjuk SMA Trimurti dan SMAN 1 Kebayoran Jakarta sebagai pilot projek dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum.

Dipilihnya SMA Trimurti sebagai perwakilan Jawa Timur karena sekolah tersebut menjadi pelaksana program sekolah penggerak yng sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka selama tiga tahun terakhir. Pertimbangan lainnya SMA Trimurti mempunyai praktik baik, dalam implementasi literasi finansial terutama dalam bentuk yang inspiratif dan mudah dilaksanakan.

“Ada tiga isu prioritas yang kami susun dalam pengembangan model kurikulum merdeka, yakni Perubahan Iklim, Literasi Finasial, dan Literasi Kesehatan. Pembahasan ini sudah terbagi di 18 satuan pendidikan yang menjadi pilot projek pengembangan model kurikulum satuan pendidikan. Salah satunya untuk model Kurikulum literasi finansial yang ditempatkan di Jakarta, Surabaya dan Pontianak,” ujarnya.

Berita Terkait :  Kader Posyandu Malang Dilatih Cara Menangani Anak ABK

Dikatakan Yogi, saat ini pihaknya tengah fokus dalam mensosialisasikan literasi finansial mengingat panduan dan peta kompetensinya yang telah disusun. Dalam melengkapi panduan tersebut, lanjut dia, perlu dikembangkan dan disusun contoh-contoh inpirasi di tingkat satuan pendidikan sebagai model. Setelah disusun berasama-sama oleh tim, nantinya model kurikulum satuan pendidikan yang mengintegarasikan literasi finansial di dalamnya dapat menjadi inspirasi bagi satuan pendidikan lainnya.

“Dokumen kurikulum satuan pendidikan yang telah disusun akan dimuat ke PMM (platform merdeka mengajar) agar dapat menjadi referensi bagi satuan pendidikan yang mengimplemnetasikan kurikulum merdeka terutama yang ingin mengintegrasikan literasi finansial,” jabar dia.

Harapannya, lanjut Yogi model-model kurikulum satuan pendidikan yang disusun oleh lembaga yang dipilih dapat menambah referensi model kurikulum satuan pendidikan.

Ditunjuknya Jatim sebagain daerah pengembangan model kurikulum satuan pendidikan yang mengintegrasikan literasi finansial disambut baik Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Aries Agung Paewai. Menurutnya, literasi finansial di kalangan pelajar sangat dibutuhkan sebagai investasi jangka panjang para siswa. Apalagi, saat ini masyarakat dihadapkan berbagai persoalan keuangan seiring dengan kemajuan teknologi yang berkembang.

“Anak-anak kota perlu dibekali pendidikan literasi keuangan. Karena ini juga bagian dari melibatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Sehingga mereka tidak terjerumus dengan permasalahan keuangan seperti pinjaman online atau persoalan keuangan lainnya,” ucap Aries.

Melalui literasi keuangan ini, tambah Pj Wali Kota Batu ini diharapkan nantinya para siswa dapat mengelola masalah keuangan mereka secara efektif dan bijak seperti penganggaran, investasi, dan pengelolaan utang. [wwn]

Berita Terkait :  Jelang MPLS, Dindik Siapkan Fasilitas untuk Peserta Didik Baru

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img