30 C
Sidoarjo
Saturday, October 5, 2024
spot_img

Pekerjaan Saluran Kali Gempol Kota Madiun Sudah 32 Persen, Dijadwal Selesai Awal Desember

Kota madiun, Bhirawa.
Kawasan kali Gempol di Kelurahan Nambangan Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun segera bersolek. Pembangunan peningkatan saluran Kali Gempol sudah berjalan 32 persen hingga saat ini. Pekerjaan dengan panjang sekitar 200 meter itu sudah pada penyiapan tiang-tiang penyangga berbahan beton cor.

”Sampai minggu kemarin sudah 32 persen. Panjangnya sekitar 200 meter,” kata Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Madiun, Dwi Setyo Nugroho, Sabtu (28/9).

Pekerjaan kali tidak seperti yang sebelumnya. Penutupan bagian atas sungai tidak menggunakan box culvert. Sebab, lokasi tersebut merupakan kawasan padat penduduk. Sementara pemasangan box culvert memerlukan alat berat. Sedang, alat berat tidak memungkinkan untuk masuk. Karenanya, menggunakan konstruksi baja.

”Bagian atas sungai kita tutup untuk kemudian menjadi akses jalan masyarakat. Nanti, rumah-rumah penduduk tidak membelakangi sungai, tetapi menghadap sungai,” jelasnya.

Peningkatan saluran Kali Gembol itu tepatnya berada di antara jembatan Jalan Merpati. Yakni, 100 meter di selatan jembatan dan 100 meter di utara jembatan. Pemerintah setidaknya menyiapkan anggaran Rp 3,3 miliar. Pekerjaan tersebut ditarget selesai pada awal Desember nanti.

”Kalau tanggal SPMK (surat perintah mulai kerja) nya Juli kemarin. Sementara kontrak berakhirnya 1 Desember nanti. Tapi kami upayakan sebelum kontrak berakhir, pekerjaan sudah selesai,” ungkapnya.[dar.ca]

Berita Terkait :  Gus Ipul Pimpin Apel, Tekankan Pentingnya Dunia Pendidikan Aman dan Nyaman

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img