28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Teliti Tanaman Teh, Anak Buruh Pabrik Jadi Wisudawan Terbaik ITN Malang


Kota Malang, Bhirawa
Kandungan klorofil pada daun teh dapat diketahui dengan cara uji laboratorium, tetapi cara itu kurang efektif untuk memantau kualitas teh. Pemantauan kualitas teh ini menjadi perhatian Sulistia Ningrum, yang merupakan lulusan terbaik Teknik Geodesi S1, Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) pada wisuda ke-72 periode II tahun 2024.

Menurut Sulistia Ningrum, terdapat cara cepat dan efisien untuk melakukan pemantauan kualitas teh dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh. ”Saya memanfaatkan Citra Sentinel-2A dengan cara mencari beberapa nilai indeks vegetasi, lalu dihubungkan pada kandungan klorofil daun teh,” ungkapnya, Rabu (18/9) kemarin.

Pada penelitiannya, gadis asal Nganjuk ini memantau kualitas teh di Perkebunan Teh Wonosari di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari, dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang Kabupaten Malang dibawah naungan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.

Sulistia, lebih jauh menyampaikan dengan penginderaan jauh pihak pengelola, dalam hal ini PTPN, dapat mengetahui kesehatan dan kualitas tanaman teh tanpa harus terjun langsung ke lapangan.

“Cukup memanfaatkan citra satelit sentinel 2A,” kata wisudawan Program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kemendikbud RI yang berhasil meraih IPK 3.55 ini.

Menurut Sulistia, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perhitungan indeks vegetasi serta hubungan antara indeks vegetasi dengan kandungan klorofil pada tanaman teh dengan cara analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Citra Sentinel-2A memiliki hubungan yang sangat lemah dengan kandungan klorofil daun teh.

Berita Terkait :  Dukung Kelancaran AFF U19, PLN Icon Plus Gelar Patroli

Sulistia menegaskan, tidak semua indeks vegetasi secara langsung dapat berhubungan dengan kandungan klorofil. ”Terdapat variabel lain yang mempengaruhi hasil regresi, yaitu dari usia tanaman, tingkat stress, penyakit tanaman, atau nutrisi tanah,” ujarnya.

Faktor tersebut, imbuh dia, dapat mempengaruhi tingkat hubungan antara kandungan klorofil pada tanaman teh dengan indeks vegetasi.

“Tidak semua indeks vegetasi bisa dihubungkan dengan klorofil. Ada variabel lain yang mempengaruhi jumlah klorofil, seperti intensitas cahaya, suhu, dan kelembaban (faktor lingkungan),” paparnya.

Sulistia, menyampaikan tanaman teh selama ini belum pernah diteliti. Umumnya mahasiswa melakukan penelitian penginderaan jauh pada tanaman padi dan kopi. Skripsinya ini di bawah bimbingan Hery Purwanto ST MSc dan Feny Arafah ST MT.

“Karena saya pecinta minuman teh dan tertarik dengan teh. Jadi saya coba penelitian ini,” urainya.

Putri dari pasangan Mardianto (Alm), dan Wartini ini mengaku merasa terbantu dengan Beasiswa KIP K. Sulis ditinggal ayahnya ketika masuk kelas 1 di SMAN 1 Nganjuk. Untuk membiayai keperluan sekolah dan kuliahnya ibundanya harus menjadi buruh pabrik di Surabaya.

“Alhamdulillah kuliah dengan KIP tidak mengalami kekurangan, ya pintar-pintar mengelola keuangan saja. Bersyukur ibu juga masih bisa membantu biaya kuliah,” ungkapnya.

Menurutnya Beasiswa KIP sangat penting, karena kedepan tidak mengetahui perjuangan orangtua dalam membiayai kuliah sampai mana. Sulistia memahami, banyak mahasiswa baru di awal sanggup dalam hal biaya. Namun di pertengahan banyak pengeluaran tak terduga.

Berita Terkait :  Perusahaan Tak Banyak Rekrut Karyawan Penyandang Disabilitas

“Jadi program ini berguna untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” lanjutnya.

Meski saat kuliah Sulistia juga termasuk aktif mengikuti kegiatan, seperti menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Geodesi (HMG), dan Ikatan Mahasiswa Geodesi Indonesia (IMGI). Ia juga pernah lolos Program MSIB di PT Bukit Makmur Mandiri Utama dan ditempatkan pada Job Site Sungai Danau Jaya di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, pada departemen engineering pada bagian Survey. [mut.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img