28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Menuju Indonesia Emas 2045, UC Dorong Mahasiswa Ikut Program Fast Track


Surabaya, Bhirawa
Universitas Ciputra (UC) memperkuat komitmennya dalam mencetak sumber daya manusia unggul dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) bersama Monash University.

Penandatanganan ini dilakukan di Kampus UC ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya di Jakarta, di mana UC terpilih sebagai salah satu dari sembilan mitra universitas swasta yang bekerja sama dengan Monash University.

Dengan kehadiran Prof Matthew Nicholson, Presiden Monash University Indonesia, MOU ditandatangani Ir Yohannes Somawiharja MSc, Rektor Universitas Ciputra dengan Tantia Dian Permata Indah, selaku Chief Operation Officer (COO) dan Vice President, Monash University, Indonesia.

Dekan School of Information Technology (SIFT) UC, Dr Trianggoro Wiradinata, M Eng Sc, menyambut positif kerjasama ini, khususnya dalam pelaksanaan Program Fast Track.

“Kolaborasi di sektor akademik ini sangat strategis. Mahasiswa dari School of Information Technology (SIFT) antusias menyambut program ini, mengingat Monash University merupakan salah satu universitas terbaik di Australia,” ucap Trianggoro.

Trianggoro menjelaskan, Program Fast Track ini dirancang khusus untuk mahasiswa SIFT yang mencakup Program Studi Informatika dan Program Studi Information Systems for Business.

“Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan Jenjang Strata 1 di UC dan Jenjang Strata 2 di Monash University hanya dalam waktu lima tahun,” tuturnya.

Trianggoro menambahkan, mahasiswa SIFT tentunya tidak akan mengalami kesulitan, mereka tidak hanya kuat secara teknis, tapi memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Pada biasanya mahasiswa teknik kesulitan dalam menyampaikan ide, mahasiswa SIFT UC justru mampu berkomunikasi dengan baik.

Berita Terkait :  PWI Jombang Gelar Raker, Fokus Peningkatan SDM

“Pola pikir entrepreneurship yang telah ditanamkan di UC akan mendukung kesuksesan mahasiswa dalam mengikuti Program Fast Track ini,” imbuh Trianggoro.

Dekan School of Information Technology (SIFT) berharap, Program Fast Track dapat berkontribusi menuju Indonesia Emas 2024 dengan mencetak manusia Indonesia yang bermutu dan berwawasan global.

Wakil Kepala Hubungan Internasional UC, Gelar Nanggala Wahyu Sagara Putra SHum MHan mengungkapkan, Monash University menawarkan kerjasama untuk berbagai program studi di UC, setelah melalui proses review dan diskusi, diputuskan bahwa sebagai proyek percontohan, Program Fast Track ini akan diterapkan terlebih dahulu di SIFT. ”Tidak menutup kemungkinan program ini akan dibuka untuk program studi lain di UC di masa mendatang,” ujarnya.

Gelar menambahkan durasi studi akan dibagi menjadi 3,5 tahun di UC, 1 tahun di Monash University Indonesia, dan 1 semester di Monash University Australia, total waktu 5 tahun, mahasiswa akan meraih dua gelar, yaitu S1 dari UC dan S2 dari Monash University.

Pihak Monash University juga berharap, program ini dapat mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045 melalui kerjasama dengan sejumlah universitas swasta ternama di Indonesia, salah satunya Universitas Ciputra. [ren.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img