24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Percepat Proses Pembelajaran dan Adaptasi Teknologi Berbasis AI

Universitas Ciputra Kolaborasi dengan Edubeyond

Surabaya, Bhirawa
Universitas Ciputra (UC) melaksanakan menandatangani MoU dengan Edubeyond, agar terjadi percepatan dalam proses pembelajaran dan adaptasi pada teknologi baru berbasis Artificial Intelligence (AI), Lantai 15 UC Tower, Surabaya. Perkembangan teknologi sangat pesat, diantaranya Artificial Intelligence (AI) memberikan kemudahan bagi masyarakat, maka wajib dipelajari di dunia pendidikan.

Rektor Universitas Ciputra, Ir Yohannes Somawiharja M Eng menjelaskan, Perkembangan teknologi yang sangat luar biasa memang sedang terjadi, prosesnya cepat dan menyentuh hampir seluruh aspek kebutuhan, termasuk dengan pendidikan, sehingga kebutuhan didunia pendidikan mengikuti perkembangan teknologi.

“Dari AI harus dibuat settingannya sedemikian rupa, hingga menjadi sangat bermanfaat bagi pendidikan itu sendiri, maka kami hari ini menandatangani MoU dengan Edubeyond, dengan tujuan percepatan dalam proses pembelajaran dan adaptasi pada teknologi baru ini, salah satunya pemanfaatan AI,” ucapnya Yohannes.

Yohannes menambahkan, transformasi AI dalam proses pembelajaran akan dilakasankan ke seluruh fakultas Universitas Ciputra. Dengan ditransformasikannya proses pembelajaran AI di seluruh fakultas yang ada. Harapannya para mahasiswa UC akan menjadi sosok superlearner, sosok yang mampu dengan cepat memenuhi seluruh kebutuhan dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi saat ini dan di mada depan.

Dalam konferensi pers juga dihadiri Dekan Faknologi Informasi UC dan Ketua Transformasi AI, Dr Trianggoro Wiradinata ST M Eng Sc. Trianggoro menjelaskan, belum seluruh fakultas akan menggunakan AI pada pembelajaran, sebab berkaitan dengan adopsi teknologi. Adopsi teknologi membutuhkan waktu, tetapi kedepannya AI digunakan seluruh aktivitas pembelajaran di UC.

Berita Terkait :  Hari Pertama, Rektor Unej Tinjau Pelaksanaan UTBK Semmaba 2024

“Kini hanya ada satu sumber saja untuk eksplorasi data dan informasi, maka penggunaan AI memberikan peluang digunakannya banyak sumber. AI tidak mungkin dihindari, justru AI harus dikuasai untuk kemajuan sekaligus juga untuk menjawab perkembangan dunia pendidikan di masa depan,” jelas Trianggoro.

Co Founder Edubeyond, Miklos Sunario juga menjelaskan, tentang pengetahuan tentang AI harus dikuasai demi menjawab tantangan perkembangan teknologi dan informasi di era digital.

“Bagaimana kita bisa memaksimalkan AI agar semua orang bisa mempelajari apa yang penting, serta kita tidak bisa menunggu kita harus segera lakukan,” ucapnya. [ren.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img