25 C
Sidoarjo
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Pj Bupati Madiun Tekankan Gotong Royong Bukan Hanya Slogan



Pemkab Madiun, Bhirawa.
Pemkab Madiun menggelar Puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI tingkat Kabupaten Madiun di Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Kamis (27/6). Penjabat (Pj.) Bupati Madiun Ir. Tontro Pahlawanto menyebutkan BBGRM XXI tahun 2024 dipusatkan di Desa Krandegan, karena desa ini berhasil meraih juara ketiga Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jatim 2024.

Peringatan BBGRM ini salah satu upaya dari pemerintah untuk menggelorakan kembali semangat nilai-nilai budaya gotongroyong dan peran aktif masyarakat di dalam pembangunan. “Gotong royong harus kita maknai bukan hanya sebagai slogan semata tetapi gotongroyong harus diaktualisasikan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto menambahkan, BBGRM merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan pada setiap desa/kelurahan di seluruh wilayah Indonesia selama satu bulan, yaitu pada bulan Mei setiap tahunnya. Pj. Bupati berharap model gotongroyong di Desa Krandegan ini bisa menjadi contoh desa-desa lain di Kabupaten Madiun dalam rangka menumbuhkembangkan sektor ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Madiun, Supriadi mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan semangat kebersamaan, kepedulian dan peran aktif masyarakat, berdasarkan kekeluargaan dan kegotongroyongan dalam penguatan intregitas sosial menuju masyarakat yang lebih sejahtera.

“Kegiatan ini juga untuk melestarikan dan mengaplikasikan nilai – nilai gotong royong serta meningkatkan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan yang ada di desa dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan sosial dan partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Berita Terkait :  Permudah Masyarakat, Dinsos PPPA Kota Majokerto Buka 31 Layanan di MPP Gajah Mada

Lebih lanjut, Supriadi menyampaikan,bada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam BBBGRM XXI di Desa Krandegan. Yaitu, pembangunan drainase dan pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) di Dusun Buluh, Desa Krandekan, Kecamatan Kebonsari.

Selain itu juga penyerahan hadiah, meliputi piagam penghargaan dan trofi kepada desa pemenang lomba gotong royong terbaik yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Kabupaten Madiun TA 2024. [dar.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru