28 C
Sidoarjo
Tuesday, July 23, 2024
spot_img

Bupati Sidoarjo Harus Pikirkan Kesejahteraan Anggota Linmas

Sidoarjo, Bhirawa.
Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo, Haris SPi MSi, berharap agar Bupati Sidoarjo kedepan peduli untuk memikirkan kesejahteraan anggota Linmas di Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Haris, bila sejumlah daerah bisa, kenapa di Kabupaten Sidoarjo tidak bisa. Apalagi diketahui APBD Kabupaten Sidoarjo, tergolong tidak kecil. Karena APBD tahun 2024 saja, sebesar Rp5.4 triliun. Ia juga menyebut seperti daerah Banjar di Kalimantan, Jogjakarta dan di Makasar bisa memberikan kesejahteraan kepada anggota Linmas di daerahnya.

“Meskipun tidak besar, tapi ada perhatian,” kata Haris, Selasa (9/7) kemarin, di Kecamatan Krembung, saat menjadi narasumber pembinan dan pemberdayaan anggota Linmas di Kabupaten Sidoarjo menghadapi Pilkada Sidoarjo tahun 2024.

Menurutnya, belum adanya kesejahteraan bagi anggota Linmas di Sidoarjo karena sistimnya saja yang belum dijakankan. Komisi A , yang menaungi Satpol PP Kabupaten Sidoarjo, kata Haris, tidak pernah mencoret anggaran untuk kegiatan OPD ini.

Tugas Linmas mengacu pada Permendagri nomor 26 tahun 2020, dirasa luar biasa. Ada 5 fungsi yang harus dijalankan. Selain untuk ketertiban lingkungan, juga bisa untuk penanggulangan bencana, menjaga keamanan saat pemilihan umum, bantu kegiatan sosial kemasyarakatan di masyarakat, serta membantu upaya pertahanan negara. “Maka menurut saya, anggota Linmas di Sidoarjo layak untuk dipikirkan kesejahteraannya,” kata anggota dewan dari fraksi PAN itu.

Sebagai garda terdepan dalam menjaga ketertiban lingkungan di desa dan menjaga keamanan TPS saat Pilkada, dirinya berharap anggota Linmas di Kabupaten Sidoarjo sehat. Sehingga nanti pada Pilkada, semuanya sehat. Tidak sampai sakit-sakitan. “Tidak semua orang mau dan bersedia menjadi anggota Linmas, karena tidak ada kesejahteraannya,” kata Haris.

Berita Terkait :  Karya Bakti, Babinsa Koramil Sugihwaras bantu Bersihkan Puing-Puing Paska Kebakaran

Ia masih ingat, pada saat Pilpres tahun 2019 lalu, sejumlah anggota Linmas di Kabupaten Sidoarjo ada yang sampai sakit bahkan ada yang sampai meninggal dunia, karena kecapaian dalam ikut membantu pengamanan jalannya Pilpres pada saat itu. “Tugas Linmas luar biasa. Perlu dipikirkan untuk layak mendapat kesejahteraan dan kesehatan,” katanya. [kus.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru