Kota Malang, Bhirawa
Telkom Group memastikan kesiapan layanan telekomunikasi secara maksimal untuk mengantisipasi lonjakan trafik dan menjaga kelancaran konektivitas masyarakat selama periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Komitmen ini ditunjukkan melalui kunjungan langsung Direksi dan Dewan Komisaris Telkom Group ke Kota Malang, Senin (15/12) kemarin.
Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Dian Siswarini, menyampaikan, kunjungan ini merupakan bagian dari agenda tahunan Telkom Group dalam menghadapi periode festive season yang selalu diiringi peningkatan mobilitas, kebutuhan digital, serta lonjakan trafik telekomunikasi.
Dian Siswarini menegaskan bahwa kesiapan Nataru adalah prioritas utama mengingat vitalnya layanan telekomunikasi, terutama saat masyarakat melakukan perjalanan mudik atau bersilaturahmi.
“Setiap periode penting seperti Nataru, layanan telekomunikasi sangat diperlukan. Masyarakat banyak melakukan kegiatan mudik dan bertemu keluarga,” ujar Dian.
Untuk memastikan kesiapan jaringan, Telkom Group telah melakukan pemetaan pergerakan masyarakat berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, termasuk jalur mudik dan destinasi liburan.
Hasil pemetaan ini digunakan untuk menyiapkan kapasitas jaringan jauh hari agar mampu menampung potensi lonjakan trafik yang tinggi.
Selain aspek jaringan, Telkom Group juga memperkuat layanan pelanggan. Selama periode Nataru, jumlah petugas layanan pelanggan disiagakan lebih banyak. “Bukan hanya dari sisi network saja, tetapi juga dari sisi layanan customer service kami persiapkan. Kami menyiagakan agent yang lebih banyak agar setiap inquiries atau keluhan pelanggan dapat dilayani dengan lebih baik dan lebih cepat,” jelasnya.
Telkom Group juga menghadapi tantangan pemulihan pascabencana di sejumlah wilayah, seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Aceh.
Pihaknya bersyukur pemulihan di Sumut dan Sumbar sudah hampir 100% kembali normal. Dalam upaya percepatan pemulihan, Telkom mengerahkan teknisi dari berbagai daerah, mengirimkan genset, baterai, hingga mobile BTS ke lokasi terdampak. “Semua insan Telkom Group bahu-membahu membantu pemulihan kembali, baik itu mendeploy karyawan dari daerah lain ke arah Aceh, maupun juga peralatan-peralatan,” tegasnya.
Selain meninjau kesiapan Posko Nataru, kunjungan Direksi Telkom di Malang juga mencakup kunjungan ke AI Excellence Center Malang dan SMK Telkom, serta penyerahan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada pelaku UMKM binaan dan masyarakat terdampak bencana banjir.[mut.ca]


