Surabaya, Bhirawa
Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Program Studi Ilmu Komunikasi Ronald Hariono mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan magang selama 30 hari di Devy Photography, sebuah perusahaan yang ergerak dibidang foto dan video Surabaya.
Di perusahaan tersebut, Ronald mempelajari mengenai bagaimana memahami posisi brand perusahaan dan bagaimana cara mengembangkanya agar lebih dikenal.
“Selama periode magang, saya mempelajari proses awal dalam membentuk citra sebuah brand, melalui copywriting. Awalnya, saya belum memahami bagaimana peran copywriting dalam sebuah perusahaan. Pemahaman saya, perusahaan membangun branding mereka secara sembarangan atau hanya dengan menggunakan kalimat yang sekiranya enak didengar dan bisa menarik perhatian orang,” ungkap Ronald yang selama magang dibimbing dosen pembimbing magang Drs Widiyatmo Ekoputro, MA.
Selama masa magang, Ronald mendapatkan kesempatan yang sangat berharga untuk terlibat langsung dalam pembuatan konten visual, khususnya melalui beberapa tugas yang cukup menantang yaitu sebagai Editor, Fotografer, Videografer, serta Copywriter.
“Selama magang, saya terlibat dalam mahasiswa tentang betapa pentingnya kualitas visual dalam membentuk citra sebuah brand, terutama di platform media sosial yang saat ini menjadi salah satu media utama dalam pemasaran,” jelasnya lagi.
Menurut Ronald, selama magang dirinya tidak hanya sebagai editor dan fotografer, juga menjalani tugas menjadi marketing lapangan, mulai dari membagikan brosur hingga menjelasskan kepada klien apa saja promo yang terdapat di Devy Photography selama pameran berlangsung. Pameran ini diadakan di Tunjungan Plaza Surabaya pada hari jumat – minggu 16 – 18 Mei 2025.
Mengapa marketing lapangan juga penting? Menurut Ronald, tidak semua orang memiliki standar berdasarkan online, terkadang ada juga masyarakat lebih tertarik mengunjungi event offline dibanding dengan melalui internet. Dengan adanya event offline masyarakat lebih leluasa saat ingin bertanya mengenai informasi yang ingin didapatkan. Mahasiswa mengikuti pameran wedding selama 3 hari berturut dan dapat mengikuti dengan baik, serta menjelaskan promo apa saja dengan baik .
“dari pengalaman ini, saya tahu bahwa bahwa kualitas foto dan video yang bagus sangat berperan dalam membangun kepercayaan konsumen. Visual yang profesional dan konsisten menunjukkan bahwa perusahaan benar-benar serius dalam menjaga citra dan kualitas produknya,” jelas Ronald.
Konsistensi dalam gaya visual, mulai dari pemilihan warna, tone, hingga mood gambar, juga sangat penting agar brand mudah dikenali dan diingat oleh audiens di berbagai platform media sosial.
Secara keseluruhan, melalui berbagai jobdesk yang diberikan, akhirnya Ronald tahu bahwa kualitas foto dan video bukan hanya soal estetika semata, melainkan merupakan bagian krusial dari strategi sosial media marketing yang efektif.
“Konten visual yang berkualitas tinggi mampu membantu perusahaan membangun brand yang kuat, menarik perhatian, dan menciptakan hubungan emosional yang lebih dalam dengan konsumen,” jelas Ronald lagi. Singkatnya, magang ini memberikan kesempatan bagi Ronald untuk memahami tentang bagaimana visual marketing bekerja dan betapa besar pengaruhnya dalam dunia bisnis digital saat ini. [why]


