30 C
Sidoarjo
Wednesday, October 16, 2024
spot_img

Pj Bupati Probolinggo Terima Anugerah Award Peduli Ketahanan Pangan 2024

Pemkab Probolinggo, Bhirawa.
Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H. Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si, menerima penganugerahan Award Peduli Ketahanan Pangan tahun 2024 untuk kategori ketersediaan pangan dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 Provinsi Jawa Timur yang berlangsung di JX International Convention Exhibition (Jatim Expo) Surabaya, Rabu (16/10).

Turut mendampingi, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Rita Erik Ugas Irwanto serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo Yahyadi yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengungkapkan penghargaan ini merupakan hasil sinergitas antara Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP).

“Kami juga melibatkan penyuluh pertanian dalam beberapa gerakan untuk meningkatkan produksi pangan. Kami telah mengeluarkan Peraturan Bupati untuk memastikan ketersediaan pangan tetap terjaga dan tidak mengalami kekurangan,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini stok pangan di Kabupaten Probolinggo cukup besar, sehingga tidak ada kekhawatiran akan kekurangan pangan dalam waktu dekat. Berbagai langkah strategis yang telah diambil untuk menjaga ketahanan pangan, seperti program gerakan menanam padi dan penambahan areal tanam (PAT) melalui pompanisasi.

Pj Bupati Ugas menambahkan keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan semua elemen masyarakat, termasuk para petani dan buruh tani. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkontribusi dalam menjaga ketersediaan pangan. Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras bersama,” tegasnya.

Berita Terkait :  11.410 Anggota KPPS Terpilih di Tulungagung Bakal Dilantik Bulan Depan

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga ketahanan pangan di daerah demi kesejahteraan masyarakat dan keberlangsungan pangan yang lebih baik di masa depan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo, Yahyadi menyampaikan proses penghargaan ini dimulai sejak Juli 2024 dengan pengajuan proposal yang memenuhi semua persyaratan teknis.

“Kami melakukan upaya maksimal dengan mengumpulkan data dan melakukan presentasi kepada tim penilai pada tanggal 2 Oktober lalu,” ungkapnya. “Kunjungan lapangan ke gudang cadangan pangan dan diskusi terbuka mengenai program ketahanan pangan merupakan bagian dari evaluasi yang kami lalui bersama tim penilai,” imbuh Yahyadi.

Yahyadi mengaku bersyukur melalui proses yang cukup panjang akhirnya Pj Bupati Probolinggo dinobatkan sebagai Kepala Daerah di Jawa Timur yang peduli ketahanan pangan tahun 2024. “Penghargaan ini tidak hanya sebagai apresiasi atas capaian Kabupaten Probolinggo dalam memastikan ketersediaan pangan, tetapi juga sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kualitas dan keberlanjutan program ketahanan pangan di masa yang akan datang,” pungkasnya. [fir.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img