29 C
Sidoarjo
Sunday, October 13, 2024
spot_img

Padukan Gaya Tradisional dan Modern, 275 Penari Sajikan Tari Kolosal Metamorphosis of East Java

Kemeriahan Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jatim di Grahadi

Oleh:
Adit Hananta Utama, Kota Surabaya

Upacara peringatan Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi tampak begitu meriah, Sabtu (12/10). Berbagai penampilan ikut serta memeriahkan mulai dari tari kolosal Metamorphosis of East Java hingga Flash Mob.

Sebuah pertunjukan tari dengan melibatkan 275 orang membuat suasana HUT ke 79 Jatim terasa istimewa. Tarian yang menceritakan tentang perubahan dan evolusi tari Jawatimuran, memadukan gaya modern dan tradisional hingga menghasilkan transformasi yang artistik.

“Tari kolosal ini menjadi persembahan yang selalu ada pada upacara-upacara yang digelar di sini, penampilan yang apik dan menghibur, banyak penari dilibatkan,” ujar Adhy Karyono ditemui usai upacara di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (12/10).

Salah satu guru SMKN 12 Surabaya, Abing Santoso bertindak sebagai Art director didampingi Dimas Respati Palguna sebagai sutradara dinilai sukses menyajikan tarian kolosal ini. Koreografer dan komposer yang terlibat berhasil meramu padu sehingga tampilan ini apik disajikan.

Beberapa pihak terlibat langsung dan gelaran ini, diantaranya mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya dan STKW Surabaya, Sanggar Dimar Dance Teathre, Sanggar Putra Bima Respati, Sanggar Kalimas, Sanggar Brang Wetan Community, siswa SMKN 12 Surabaya.

Tari kolosal ini juga didukung oleh Gamelan Sawunggaling Unesa, Jagad Colour gard, Komunitas reyog Surabaya, RCA (ErSiEi) HIP – HOP community dan Belle ballet Surabaya.

Berita Terkait :  Luncurkan ‘Kami Memohon’, BLDF Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Sebanyak 790 masyarakat umum dan sejumlah influencer hadir langsung mengikuti rangkaian upacara Hari Jadi Provinsi ujung timur Pulau Jawa ini.

Upacara peringatan Hari Jadi ke-79 Pemprov Jatim juga disemarakkan dengan penampilan tim paduan suara binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang berkolaborasi dengan solois Okvalia Harlis Natasya.

Tim paduan suara ini sendiri merupakan gabungan mahasiswa dari Institut Teknologi 10 November, Universitas Darma Cendika Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, serta siswa siswi dari SMA Frateran Surabaya dan SMA Hangtuah 2 Sidoarjo.

Tak hanya itu, Marching band dari SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi, persembahan lagu dari Arya Galih dan Jihan Audi yang diiringi AG music production disusul flash mob sejumlah undangan VIP dan masyarakat turut memeriahkan upacara Hari Jadi ke-79 Pemprov Jatim.

Pj. Gubernur Jatim ini berharap penampilan-penampilan yang melengkapi upacara Hari Jadi ke-79 Pemprov Jatim ini bisa menjadi ajang generasi muda untuk mengekspresikan talenta yang dimiliki. Sekaligus juga menjadi hiburan bagi masyarakat Jawa Timur utamanya yang hadir pada upacara yang digelar di Gedung Negara Grahadi.

“Kalau mereka dilibatkan kan pasti ada rasa bangga, jadi mereka juga termotivasi untuk berkarya lebih baik, bagi masyarakat umum kan ini bisa menjadi hiburan,” pungkasnya. [gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img