28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Pj. Wali Kota Malang Targetkan 100 Persen Data Sektoral Tuntas pada Desember

Pj. Wali Kota Iwan saat memberikan arahan kepada Forum Satu Data Indonesia Kota Malang, bertempat di Hotel Atria, Rabu (18/9).

Kota Malang, Bhirawa
Iwan Kurniawan, Pj. Wali Kota Malang, menyebut pentingnya menguatkan Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) dalam perencanaan pembangunan daerah yang disusun sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia.

Menurutnya, tersedianya data yang valid dan terverifikasi akan mendukung keberhasilan berbagai program maupun kegiatan pembangunan daerah, yang sesuai target, kebutuhan dan memberikan hasil yang berkualitas. Melihat pentingnya pemanfaatan data tersebut, Iwan meminta komitmen bersama agar Kota Malang dapat menuntaskan hingga 100% pengisian data sektoral pada Desember 2024 ini.

“Saya apresiasi pertemuan hari ini dalam rangka untuk membangun komitmen penyelenggaraan Satu Data Indonesia. Forum ini sangat strategis, karenanya akan saya kejar terus Kota Malang untuk mewujudkan Satu Data dan data statistik sektoral daerah. Karena regulasi telah mengamanatkan untuk melaksanakan satu data Indonesia,” ujar Pj. Wali Kota Iwan saat memberikan arahan kepada Forum Satu Data Indonesia Kota Malang, bertempat di Hotel Atria, Rabu (18/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPS Kota Malang juga diikuti Kepala Perangkat Daerah dan admin satu data OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang.
Sebagai informasi, berdasarkan Satu Data, Kota Malang pada 12 September 2024 memiliki 8.317 Data Statistik Sektoral Daerah. Dari total 8.317 DSSD pada Satu Data Indonesia tersebut tersebut, sebanyak 52,29% DSSD sudah terisi dan sisanya 47.71% belum terisi.

Berita Terkait :  Kejar Target Rertribusi, Pemkot Batu Bina Ratusan Jukir

Untuk diketahui, DSSD yang perlu diverifikasi dan dipublikasikan oleh Pemerintah daerah melalui e-Walidata SIPD akan dihimpun dan diintegrasikan ke Satu Data Indonesia dan dapat dimanfaatkan dalam penyusunan perencanaan evaluasi pembangunan daerah.

Menanggapi hal tersebut, Pj.Iwan mendorong adanya komitmen Kota Malang untuk memenuhi 47,71% data yang belum terisi.

“Hari ini kita berkomitmen OPD sebagai produsen data harus mengisi ketersediaan data yang sisanya. Sebenarnya angka ini, Kota Malang sudah yang terbaik karena sudah mengisi tahapan proses data mulai perencanaan, pengumpulan, verifikasi, dan penyebarluasan. Posisi ini sudah baik dibanding daerah lain yang minim,”ujar Iwan.

Ia juga menargetkan agar Kota Malang dapat mencapai 100% keterisian data sektoral
tersebut pada tahun 2024.

“Sekarang bagaimana dalam forum ini saya minta komitmen kepala OPD dan jajaran yang hadir agar Desember nanti bisa 100 persen data sektoral. Jadi kami komitmen untuk launching ini, bahwa tahun 2024 Kota Malang telah melakukan data statistik sektoral mencapai 100 persen,” bebernya.

Namun, tambahnya, komitmen mengisi 100 persen data tersebut juga harus diimbangi dengan pelaksanaan tahap penyusunan data sektoral.

“Bukan hanya publish, tapi bagaimana data itu bisa dilaksanakan tahapan sesuai Perpres 39 tahun 2019 dan UU no. 23 tahun 2024, yaitu pengumpulan, perencanaan, verifikasi dan publikasi. Serta siapa saja stakeholder yang harus terlibat di dalam proses tahapan sampai dengan dipublikasikan,” terangnya.

Berita Terkait :  Peringati HUT RI Ke-79 Bupati Ikfina Senam Bersama Warga

Terakhir ia berharap, target ini dapat menjadi komitmen bagi seluruh perangkat daerah.

“Harapan saya teman-teman dapat mewujudkan Satu Data Indoensia, dan Data Statistik Sektoral Kota Malang akan lebih baik dan maksimal. Jangan tanggung-tanggung, kita 100 persen-kan,” pungkasnya. (mut.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img