29 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Pangdam V Support Prajurit TNI dalam Latgabma Super Garuda Shield 2024

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin mengikuti pembukaan Latgabma Super Garuda Shield, Senin (26/8).

Surabaya, Bhirawa.
Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin menghadiri pembukaan latihan gabungan bersama Super Garuda Shield (Latgabma SGS) 2024, Senin (26/8). Pada pembukaan di Base Ops Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda, Sidoarjo, Pangdam mendukung penuh Latgabma prajurit TNI dan prajurit militer negara sahabat.

“Kami mendukung penuh Latgabma Super Garuda Shield yang dilaksanakan pada 26 Agustus hingga 6 September 2024. Khususnya dengan prajurit militer kawasan Indo-Pasifik,” kata Mayjen TNI Rudy Saladin.

Rudy menjelaskan, Latgabma ini tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan prajurit. Yakni dalam hal merencanakan sekaligus melaksanakan operasi gabungan bersama yang didukung oleh Staf Fungsi Gabungan.

Latihan ini, lanjut Rudy, juga digelar dalam rangka meningkatkan kerja sama bilateral antar militer. “Latgabma ini juga bertujuan dalam meningkatkan interoperability TNI dan US Indopacom. Dalam hal kapasitan untuk merencanakan operasi gabungan bersama,” jelasnya.

Alumnus Akmil 1997 ini menambahkan, negara kawasan Indo-Pasifik yang ikut dalam Latgabma SGS ini, di antaranya Amerika Serikat, Australia, Jepang, Singapura, Inggris. Kemudian dari Kanada, Thailand, Korea Selatan, Perancis dan Selandia Baru.

“Negara pengamat dari Brazil, Malaysia, Filipina, Belanda, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Arab Saudi, India dan Timor Leste, ikut dalam Latgabma SGS ini,” pungkasnya. (bed.hel).

Berita Terkait :  Diikuti 3.000 Talent, Tari Ritus Sang Dewi jadi Pembuka Event SEF 2024

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img