28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Dipimpin Kapolresta Probolinggo, Apel Gelar Pasukan Mantap Praja Semeru 2024

Polresta Probolinggo, Bhirawa.
Kesiapan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Probolinggo ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024. Apel berlangsung di depan Mapolres Probolinggo Kota, Senin (19/08) pagi.

Gelar Pasukan dipimpin Kapolres Kota Probolinggo AKBP Oki Ahadian P yang didampingi oleh PJ Walikota Probolingg Dr. Nurkholis dan dihadiri Kajari Kota Probolinggo, Dodik Hermawan, S.H, M.H., Kasdim 0820 Probolinggo, Mayor Czi Slamet Wahyudi., Perwakilan PN Probolinggo, Agus Yulianto, Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Mokhamad Lutfi, S.H, M.H., PJU Polres Probolinggo Kota, Perwakilan MUI Kota Probolinggo, Ketua KPU Kota Probolinggo, Radfan Faisal, S.Pd., Ketua Bawaslu Kota Probolinggo, Johan Dwi Angga., Kadishub Kota Probolinggo Kota, Agus Effendi, SSTP., Kasatpol PP Kota Probolinggo, Pujo Agung Satrio, SSTP., Ketua SPSI Kota Probolinggo, Donal Vinalio Boy, perwakilan BPBD Kota Probolinggo serta Para Ketua Parpol se Kota Probolinggo.

“Ini merupakan wujud nyata komitmen kepolisian dalam memastikan seluruh Tahapan Pilkada Serentak 2024 di Jawa Timur berjalan dengan aman, lancar, dan damai.” Ucap AKBP Oki Ahadian dalam sambutannya membacakan amanat Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto yang berisi gelar pasukan ini diselenggarakan untuk melakukan Pemeriksaan Kesiapan Personel, Sarana, dan Prasarana sebelum diterjunkan dalam Pelaksanaan Pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024.

“Pelaksanaan Pengamanan Pilkada tahun 2024 memiliki Kompleksitas dan Kerawanan yang khas, karena untuk pertama kalinya Provinsi Jawa Timur akan menyelenggarakan Pesta Demokrasi Secara Serentak dalam tahun yang sama, yaitu Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Calon Bupati dan Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Wakil Walikota.” Ujar Kapolda Jatim yang disampaikan melalui Kapolres.

Berita Terkait :  Gerindra Rekom Yuhronur Efendi - Dirham Akbar Aksara di Pilkada Lamongan 2024

Kapolres menjelaskan bahwa Polda Jawa Timur telah melakukan pemetaan menyeluruh melalui Indeks Potensi Kerawanan Pilkada, Pemetaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kerawanan di berbagai wilayah, sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan efektif.

“Terkait melaksanakan Operasi Kewilayahan dengan Sandi “Operasi Mantap Praja Semeru 2024″, yang akan berlangsung selama 135 hari terhitung mulai tanggal 19 Agustus S/D 31 Desember 2024, dengan melibatkan 155.937 personel yang terdiri atas 26.075 personel Polri, 8.239 personel TNI, serta 120.624 personel linmas.” Terangnya.

Kegiatan apel gelar pasukan ini ditutup dengan kegiatan Ikrar Pilkada Serentak 2024 Dalam Rangka Komitmen dan Deklarasi Pilkada Damai tahun 2024 di Wilayah Kota Probolinggo serta patroli bersama oleh jajaran Forkopimda menuju ke KPU dan Bawaslu Kota Probolinggo.[fir.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img