28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Melalui Pelatihan Animasi Digital, Dosen Umsida Meningkatkan Kreativitas Guru SMK SMK Muhammadiyah 2 Sidoarjo


Sidoarjo, Bhirawa
Program Pengabdian Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar pelatihan di SMK Muhammadiyah 2 Taman, Sidoarjo.

Tujuan diadakannya program ini adalah membina kemampuan, keterampilan, dan kemandirian dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat, dimana dosen dan mahasiswa menjadi penyalurnya, PKM sendiri adalah program yang dirancang dan didanai oleh Kemendikbudristek. (16/8)

Acara tersebut dihadiri oleh peserta dari kalangan guru dan beberapa staf sekolah, menunjukkan semangat untuk turut serta dalam mengembangkan kreativitas mereka. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Aktif Interaktif Berbasis Digital, Umsida terdiri dari tiga dosen Umsida. Diketuai oleh Nuril Lutvi Azizah, S.Si.,Msi., lalu dianggotai Ade Eviyanti, S.Kom.,M.Kom., dan Vevy Liansari S.Pd.,M.Pd. Serta empat orang anggota mahasiswa Umsida, terdiri dari, Gita, Naila, Afrizal, dan Alidza yang turut berpartisipasi.

Nuril berharap dapat memperkenalkan platform desain animasi Pencil 2D kepada para pengajar dan staf di SMK Muhammadiyah 2 Taman, sertamampu menggali potensinya dalam bidang desain grafis dan bisa menyalurkan ilmunya kepada siswa-siswi.

Program ini sejalan dengan visi misi kampus merdeka dan SMK, yang mengutamakan keterampilan praktis untuk mengasah kreativitas dan kesiapan industri.

Ade Eviyanti juga berharap hibah dari Kemendikbudristek berupa pen tablet dan website flipbook berisi tutorial animasi dengan canva dan pencil 2D, dapat memberikan sumbangsih dalam pembelajaran yang lebih variatif dan kreatif di SMK Muhammadiyah 2 Taman. Sehingga mereka dapat mengasah kreativitas dan menyampaikan ilmu ini kepada siswa.

Berita Terkait :  Dispendikbud Salurkan Bantuan Insentif pada 1.674 Guru Madin se-Situbondo

Sementara itu, perwakilan SMK Muhammadiyah 2 Taman, Abdul Rohim, M.Pdi, sangat menyambut baik kerjasama dengan Umsida ini, Semoga ilmunya berkah, bisa dibagikan ke murid-murid. Dan hibah dari risetdikti berguna bagi perkembangan SMK Muhammadiyah 2 Taman, sehingga fasilitas berupa pen tablet ini benar-benar terpakai.

Beberapa peserta yang meski sudah berumur tidak mau kalah, Acara pelatihan ini sukses dan meriah karena antusiasme peserta. Salah satunya Nunung Fauziah M.Psi, seorang Guru BK yang sukses telah menyelesaikan animasi voiceover AI dengan menggunakan fotonya sendiri yang mendapat apresiasi tepuk tangan meriah dari peserta lainnya. 

“Ini adalah pelatihan pertama animasi voiceover AI bagi saya. Meski banyak yang masih asing dengan topik pembelajaran ini, pelatihan ini sukses bisa mambuat para peserta excited.” ucapnya. [ren.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img