29 C
Sidoarjo
Sunday, July 21, 2024
spot_img

Dinsos Jatim Lakukan Pemantapan dan Penyaluran Bantuan Kemandirian Sosial

Kab Kediri, Bhirawa.
Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melalui Bidang Pemberdayaan Sosial (Dayasos) melakukan pemantapan dan penyaluran secara simbolis bantuan kemandirian sosial bagi penerima manfaat (PM) Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Karya Wanita (UPT RSBKW) Kediri.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala UPT RSBKW Kediri, tim Bidang Dayasos Dinsos Jatim, pihak Bank Jatim, dan pegawai UPT RSBKW Kediri. Terdapat 64 PM yang telah usai menjalani program rehabilitasi sosial di UPT dan mendapatkan bantuan kemandirian sosial.

Pihak Bidang Dayasos memaparkan terkait teknis pencairan bantuan sosial yang diterima oleh PM dan informasi perihal bantuan sosial yang dapat PM gunakan untuk memulai kegiatan usaha secara mandiri.

Sedangkan, Kepala UPT RSBKW Kediri Budiharjo SPd MSi mengatakan, UPT RSBKW Kediri siap mendukung PM agar menjadi lebih baik. Pemberian penguatan kemandirian merupakan langkah awal yang bertujuan agar PM dapat memulai usaha yang berkelanjutan serta berdampak positif.

“PM selanjutnya diharapkan memiliki usaha-usaha produktif yang positif dan normatif. Di mana usaha itu diharapkan dapat mencetak para entrepreneur baru, serta mempersiapkan PM memasuki dunia usaha,” katanya.

Selama melakukan pembinaan, UPT RSBKW memberikan layanan bimbingan mental, sosial, fisik, dan keterampilan. Bimbingan keterampilan pun terbagi dalam empat jurusan. Yakni, tata busana, tata rias rambut, tata rias wajah, dan tata boga.

UPT RSBKW juga melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk mencarikan pekerjaan bagi klien yang telah lulus. Setelah selesai pembinaan, UPT Dinsos Jatim itu melakukan monitoring dan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana mereka bekerja sesuai arahan UPT atau mungkin memilih ‘kerja instan’ karena desakan ekonomi.[rac,van.ca]

Berita Terkait :  Dua PM UPT Dinsos Jatim Diterima Kerja di PT Neo Sarana Medika

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru