32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Tim BPBD Jatim Gercep Padamkan Api Karhutla Penanjakan Gunung Bromo


BPBD Jatim, Bhirawa
Tim BPBD Jatim berhasil padamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di penanjakan Gunung Bromo. Pemadaman api di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan ini dilakukan sejak Rabu (7/8) sore hingga malam hari sekitar pukul 19.00 WIB.

Aksi ini terjadi saat Tim BPBD Jatim dalam perjalanan menuju penanjakan Gunung Bromo, usai memfasilitasi pembentukan Destana di Desa Kayukebek, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Adanya kepulan asap dan kobaran api yang semakin membesar, Tim BPBD Jatim menghentikan laju kendaraan dan menghubungi Tim Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), aparat desa setempat serta TRC BPBD Kabupaten Pasuruan.

“Sembari menunggu tim lain datang, dengan alat seadanya kami pun langsung berjibaku berusaha memadamkan api. Kondisinya sat itu api mulai melahap ilalang, pohon edelweis dan pohon pinus,” kata Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan BPBD Jatim, Dadang Iqwandy.

Setelah melakukan rangkaian pemadaman, lanjut Dadang, akhirnya api bisa dipadamkan. Hal itu juga berkat respon cepat Tim gabungan BPBD Jatim, TNBTS, TRC BPBD Kabupaten Pasuruan, TNI Polri dan warga setempat.

“Alhamdulillah, kebakaran hutan yang belum diketahui penyebabnya ini bisa dipadamkan,” ungkap Dadang.

Pihaknya pun menjelaskan, pemadaman spontan ini terjadi saat dirinya beserta tim selesai memfasilitasi pembentukan Destana di Desa Kayukebek, Kabupaten Pasuruan. Karena melihat kebakaran di arah penanjakan dan belum ada tindakan, dirinya melakukan langkah awal pemadaman, sembari menghubungi TNBTS, pihak desa dan BPBD Pasuruan.

Berita Terkait :  Perangkat Desa dan ASN Diduga Berpihak ke Salah Satu Paslon

“Syukur Alhamdulillah, sekitar pukul 19.00 WIB malam, Karhutla di kawasan penanjakan ini bisa dipadamkan. kemudian dilanjutkan dengan pembasahan hingga sekitar pukul 20.30 WIB,” pungkasnya. [bed.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img