32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Hari Keluarga Nasional Ke-31 Tingkat Provinsi Jatim, Kabupaten Malang Banjir Prestasi

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono (kiri) saat menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Bupati Malang HM Sanusi (kanan), di Jatim Expo Convention Exchibition Surabaya

Kab Malang, Bhirawa.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam Hari Keluarga Nasional Ke 31 Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim), telah meraih penghargaan Juara Satu Apresiasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Subbidang Keluarga Berencana (KB) bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Kategori Pagu Besar Tingkat Provinsi Tahun 2024 dan Penghargaan iBangga Award. Sedangkan penyerahan penghargaan tersebut langsung diberikan Pejabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono kepada Bupati Malang HM Sanusi, di Jatim Expo Convention Exchibition Surabaya, pada Rabu (10/7).

Sedangkan Indeks Pembangunan Keluarga iBangga Award adalah apresiasi yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang mempunyai Indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) yang tertinggi berdasarkan hasil Pemutakhiran Pendataan Keluarga. Sedangkan iBangga sendiri merupakan indeks pengukuran kualitas keluarga yang ditujukan melalui tiga dimensi, yaitu dimensi ketenteraman, kemandirian, dan kebahagiaan keluarga. Dan dalam hal ini, Kabupaten Malang menjadi salah satu Kabupaten di Jatim yang peduli dan memperhatikan program-program yang berhubungan dengan keluarga.

“Saya selaku Bupati Malang bangga dan mengucapkan terima kasih serta selamat bagi peraih penghargaan dalam mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Malang. Sehingga kerja sama yang sudah dilakukan telah menghasilkan sesuatu yang luar biasa, dan kita bisa menurunkan angka stunting di Kabupaten Malang,” tutur Bupati Malang HM Sanusi, Rabu (10/7), pada wartawan.

Berita Terkait :  Pemkot Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-665 Kota Probolinggo

Menurutnya, hasil penurunan stunting itu merupakan peran dari seluruh mitra, dan terbukti telah membuahkan hasil yang baik, dimana sekarang Kabupaten Malang mendapatkan banyak prestasi. Untuk itu, dirinya berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim terus memberikan dorongan dan motivasi serta mensinergikan program-program penanganan stunting. Selain itu, masyarakat Kabupaten Malang patut turut bangga,

bahwa dalam peringatan Hari Keluarga Nasional Ke 31, Kabupaten Malang mendapatkan banyak prestasi yaitu Juara 1 Sekolah Siaga Kependudukan di Jawa Timur untuk kategori sekolah yang dibina oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Selanjutnya, kata Sanusi, Kabupaten Malang juga meraih Juara 1 Role Model Tempat Praktik Mandiri Bidan (TPMB) dalam pelayanan KB Tingkat Nasional (Regional 1 Kategori Non DTPK)-TPMB Kartini Dusun Pandansari, Desa Pandanrejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Juara 1 Kampung KB Tingkat Nasional (Regional 1 Kategori Kabupaten) Kampung KB Jaya Manunggal Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

“Dan Juara 1 Rumah Dataku kategori Digitalisasi, serta juara 1 Sekolah Siaga Kependudukan level SMP oleh SMP 4 Kepanjen dan level SMA oleh SMA 1 Turen,” pungkasnya. (cyn.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img