28 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Pilkada Malang, Wacana Pasangan Sanusi-Lathifah Menguat

Kab Malang, Bhirawa
Masyarakat Kabupaten Malang dibuat penasaran dengan bakal pasangan Calon Bupati (Cabup) Malang dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sehingga sebagian masyarakat menebak-nebak, seperti HM Sanusi yang kini menjabat sebagai Bupati Malang atau sebagai petahana bakal berpasangan dengan Hj Lathifah Shohib dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ada juga yang menebak HM Sanusi berpasangan dengan H Gunawan, yang sama-sama dari PDIP. Kerena PDIP bisa mencalonkan pasangan Cabup-Cawabup atau satu paket. Mengingat hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) lalu, PDIP mendapatkan 13 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Sebelumnya, Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2019 silam, PDIP memberangkatkan Cabup-Cawabup satu paket, yakni HM Sanusi-Didik Gatot Subroto, yang kini juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Malang, atau tanpa koalisi partai politik (parpol) lainnya.

Selain itu, ada masyarakat yang menginginkan, HM Sanusi di Pemilukada Serentak 2024 mendatang, berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang H Kholiq, yang kini juga sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Malang. Sehingga belum ada kepastian yang akan berpasangan dengan siapa calon petahana HM Sanusi, maka masyarakat Kabupaten Malang masih bertanya-tanya, namun belum ada kepastian jawaban baik dari calon petahana maupun dari Pengurus DPC PDIP Kabupaten Malang.

Salah satu Tokoh Masyarakat asal Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang H Sunarwi, Minggu (7/7), kepada Bhirawa mengatakan, bahwa HM Sanusi paling cocok berpasangan dengan Cawabup Malang dari PKB. Seperti berpasangan dengan Hj Lathifah Shohib ataupun dengan H Kholiq. Karena kedua orang itu sama-sama kader PKB, dan juga sama-sama sebagai wakil rakyat di DPR RI dan DPRD Kabupaten Malang. Sedangkan HM Sanusi sebelumnya juga kader PKB, dan bahkan pernah sebagai Ketua PKB Kabupaten Malang. Sehingga Bupati Malang Sanusi bukan orang asing di PKB Kabupaten Malang, karena basic parpol awalnya PKB.

Berita Terkait :  Sarasehan Polda Jatim Rayon 5 dengan Awak Media, Perkuat Sinergitas Sukseskan Pilkada 2024

“Jika pasangan Cabup Malang dan Cawabup Malang Sanusi-Lathifah atau Sanusi-Kholiq ikut dalam Pemilukada Serentak 2024, kami yakin pasangan tersebut akan memenangkan Pemilukada Kabupaten Malang,” regasnya.

Sebab. Lanjut Sunarwi, kedua nama untuk pasangan calon petahana tersebut. sepertinya cocok dan sesuai harapan masyarakat di akar rumput. Dan kedua sosok itu juga sama-sama mempunyai kharisma, dan kedekatan kuat dengan pemilih PKB, serta masyarakat di Kabupaten Malang. Oleh karena itu, PKB harus bisa menempatkan kadernya untuk berpasangan dengan HM Sanusi di Pemilukada 2024 mendatang. Namun, informasi yang berkembang di masyarakat, pasangan Cabup Malang dan Cawabup Malang yang kuat yakni Sanusi-Lathifah (Salat).

“Saya sebagai masyarakat Kabupaten Malang sangat berharap di Pemilukada 2024 nanti, PDIP berkoalisi dengan PKB. Karena kedua parpol tersebut merupakan parpol yang sudah memiliki pengalaman dalam berpolitik, yang mana melahirkan pemimpin-pemimpin besar bangsa Indonesia,” pungkasnya. [cyn.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img