27 C
Sidoarjo
Wednesday, December 17, 2025
spot_img

BPJS Kesehatan Tulungagung Optimalkan Kanal Layanan Administrasi Kepesertaan

Tulungagung, Bhirawa
BPJS Kesehatan Tulungagung terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses layanan bagi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) dan meningkatkan kepuasan peserta terhadap layanan program JKN. Di antaranya dengan memberikan kemudahan layanan administrasi kepesertaan dengan menyediakan kanal layanan administrasi kepesertaan secara tatap muka dan non tatap muka.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Fitriyah Kusumawati, Rabu 25/6), mengatakan jika masyarakat memerlukan pelayanan pendaftaran peserta, perubahan data bahkan penyampaian pengaduan atau keluhan dan permohonan informasi dapat dilakukan melalui kanal layanan tatap muka maupun non tatap muka. Masyarakat memiliki banyak pilihan kanal layanan sesuai dengan yang diinginkan.

“Banyaknya pilihan kanal layanan administrasi kepesertaan, diharapkan semakin mempermudah masyarakat. Jika domisili dekat dengan kantor BPJS Kesehatan atau mempunyai waktu cukup bisa langsung datang untuk pengurusan. Namun jika domisili jauh dari kantor BPJS Kesehatan, masyarakat dapat langsung memanfaatkan berbagai kanal layanan non tatap muka,” ujarnya.

Saat ini, menurut dia, banyak masyarakat dengan kesibukan pekerjaan, sehingga seringkali tidak ada waktu untuk ke kantor BPJS Kesehatan. “Jadi pakai saja digitalisasi layanan JKN,” terangnya.

Kanal layanan tatap muka yang disediakan oleh BPJS Kesehatan adalah pelayanan administrasi kepesertaan dimana peserta berinteraksi secara langsung dengan petugas BPJS Kesehatan. Seperti pelayanan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan dan Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan, pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP), dan pelayanan BPJS Keliling.

Berita Terkait :  Satpol PP Kabupaten Sampang Turba Sosialisasi Pengawasan ke Sekolah

Sedangkan kanal layanan non tatap muka yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang memerlukan digitalisasi layanan. Masyarakat dapat mengakses kanal layanan non tatap muka melalui Aplikasi Mobile JKN, whatsapp Pandawa di nomor 08118165165, Care Center 165, BPJS Online, dan website BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id.

Selanjutnya, Fitri menjelaskan, BPJS Kesehatan Tulungagung juga melakukan layanan BPJS Keliling yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat di desa, agar masyarakat yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan dan terkendala jaringan internet tetap dapat mengakses layanan. “BPJS Keliling di Kabupaten Tulungagung dilaksanakan bekerjasama dengan Polres Tulungagung, setiap hari pada dua titik layanan. Titik pertama di Satpas SIM dan titik lainnya mengikuti jadwal SIM keliling,” tuturnya.

BPJS Keliling juga dilakukan di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Pacitan. Pelaksanaannya di balai desa atau tempat yang ditentukan oleh pemerintah desa.

“BPJS Keliling di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Pacitan setiap minggu dilaksanakan masing -masing sebanyak dua kali, sehingga total pelayanan BPJS Keliling Kantor Cabang Tulungagung dalam seminggu ada 14 titik,” pungkasnya.[wed.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru