Surabaya, Bhirawa.
Berkomitmen menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan di seluruh Indonesia. PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) memberi rasa aman dan nyaman pelanggan yang tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk, tetapi juga oleh dukungan layanan purna jual yang andal. Instalasi yang tepat, efisien dan aman merupakan bagian penting dari pengalaman pelanggan yang ingin terus dijaga.
Sebagai wujud komitmen tersebut, Sharp didukung oleh jaringan teknisi dan installer terlatih yang memiliki kompetensi tinggi. Mereka adalah ujung tombak dalam memastikan setiap unit AC berfungsi optimal dan memberikan kenyamanan maksimal.
Untuk mengapresiasi sekaligus mendorong peningkatan kompetensi para installer, Sharp menyelenggarakan Sharp AC Installer Championship 2025, sebuah kompetisi berskala nasional yang bertujuan untuk menetapkan tolak ukur baru dalam praktik instalasi AC di Indonesia.
“Kami percaya bahwa kualitas instalasi adalah faktor penentu utama dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Melalui Sharp AC Installer Championship 2025, kami memberikan wadah bagi para installer untuk menunjukkan keunggulan teknis sekaligus meningkatkan standar layanan di seluruh Indonesia,” terang Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka, Kamis (14/8).
Shinji menambahkan Sharp AC Installer Championship 2025 hadir sebagai bagian dari komitmen PT Sharp Electronics Indonesia untuk meningkatkan standar profesionalisme instalasi AC di tanah air melalui penerapan best practices yang berkelanjutan.
Lebih dari sekadar ajang perlombaan, inisiatif ini menjadi wadah pembelajaran, pengembangan keahlian, dan pertukaran pengetahuan di antara para installer, membentuk komunitas teknisi yang kompeten, solid, dan siap menjawab kebutuhan konsumen di era modern.
Sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals), prinsip Good Corporate Governance, serta filosofi HITO yang menempatkan manusia sebagai pusat pengembangan perusahaan, Sharp berkomitmen untuk terus membina, memberdayakan, dan meningkatkan keterampilan teknis maupun soft skill para teknisinya.
“Kompetisi ini bukan hanya tentang meraih gelar juara, tetapi menjadi ruang untuk memotivasi para installer agar senantiasa mengasah kualitas kerja, demi memberikan kenyamanan dan kepuasan terbaik bagi pelanggan,” ujar LiseCustomer Satisfaction Division Head PT Sharp Electronics Indonesia, Tiasanty.
Tahapan Kompetisi
Pendaftaran (10 Juli – 15 Agustus 2025). Periode pendaftaran resmi dibuka. Calon peserta dapat mengisi Formulir Pendaftaran secara daring untuk bergabung dalam ajang bergengsi ini. Kick-off Preliminary Round (13 Agustus 2025), Seremoni pembukaan kompetisi yang menandai dimulainya rangkaian seleksi nasional.
Preliminary Round (19 Agustus 2025). Ujian teori dilaksanakan serentak di berbagai wilayah. Sebanyak 200 peserta terbaik akan melanjutkan ke babak semifinal. Semifinal (20 Agustus – 8 September 2025), Peserta yang lolos akan mengikuti kombinasi tes teori dan praktik. Dari tahap ini, hanya 20 finalis terbaik yang akan diundang ke Jakarta.
Grand Final (20 – 21 September 2025). Puncak kompetisi akan digelar di Gedung Judo, Kelapa Gading, Jakarta, menghadirkan penilaian langsung dari dewan juri profesional untuk menentukan Installer Terbaik Indonesia 2025.
Kriteria Penilaian, masing-masing para peserta akan dinilai secara menyeluruh berdasarkan lima aspek utama diantaranya, Pengetahuan Teknik Refrigerasi & Tata Udara, Mengukur pemahaman mendalam terhadap prinsip dan sistem kerja pendingin udara, mulai dari teori hingga penerapan di lapangan.[riq.ca]


