27 C
Sidoarjo
Thursday, March 20, 2025
spot_img

Tingkatkan Layanan Jelang Angkutan Lebaran, KAI Daop 7 Bekali Pegawai dengan Keterampilan Medis

Kota Madiun, Bhirawa
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun terus berkomitmen meningkatkan keselamatan dan pelayanan kepada pelanggan kereta api. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pembekalan pelatihan penyegaran (refreshing) Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) bagi petugas Awak Sarana Perkeretaapian (ASP), Petugas Pengatur Perjalanan KA (PPKA), Petugas Keamanan (Security), Ticketing Officer, Prama-Prami serta petugas front liner lainnya yang berada di stasiun.

Manager Humas Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Kamis (20/3) menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk membekali para petugas dengan keterampilan dasar dalam menangani situasi kegawat daruratan medis yang mungkin terjadi di lingkungan stasiun maupun di atas kereta api.

“KAI terus berkomitmen meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Pelatihan P3K ini penting agar petugas kami memiliki kesiapan dalam memberikan pertolongan pertama jika ada keadaan darurat baik saat di perjalanan ataupun di area stasiun,” jelas Zainul.

Adapun materi pelatihan meliputi dasar-dasar P3K seperti pertolongan pertama saat seseorang mengalami tersedak, mimisan dan penanganan cedera ringan hingga kondisi medis yang lebih serius, seperti pingsan, serangan jantung, atau luka akibat kecelakaan. Disamping itu diberikan pula terkait manajemen kelelahan yang meliputi penyebab, jenis, gejala, pengukuran kelelahan dan cara pencegahan kelelahan tersebut.

Untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan terutama pada masa Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 7 Madiun telah menyiapkan pos kesehatan di sejumlah stasiun, antara lain di Stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung dan Blitar serta Pos Pemeriksaan Kesehatan (Posrikes) bagi ASP di UPT Crew KA Madiun. Pos kesehatan ini dilengkapi dengan tenaga medis dan fasilitas dasar untuk memberikan pertolongan pertama kepada penumpang yang membutuhkan.

Berita Terkait :  Pernah Ditemukan Daging Sapi Gelonggongan, Pedagang Arimbi Diminta Antisipasi Daging Sapi dari Luar Surabaya

“Dengan adanya pelatihan ini serta keberadaan pos kesehatan, diharapkan seluruh petugas dapat bertindak cepat dan tepat dalam menangani kejadian darurat, sehingga keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api semakin terjamin. KAI Daop 7 Madiun terus berupaya meningkatkan kualitas layanan untuk mewujudkan momen Lebaran “Tenang dan Menyenangkan” bagi seluruh pelanggan,” pungkas Zainul.[dar.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru