Kota Madiun, Bhirawa.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi membuka penjualan tiket kereta api untuk periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 atau H-45 keberangkatan. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh kanal resmi pemesanan tiket KA lainnya.
Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo kepada awak media, Sabtu (9/11) mengatakan, saat ini masyarakat sudah bisa membeli tiket kereta api jarak jauh reguler yang telah tersedia di seluruh kanal pembelian tiket KA mulai H-45. Untuk pemesanan hari ini, Jumat 8 November 2024, masyarakat dapat membeli tiket KA hingga 45 hari mendatang yakni untuk keberangkatan sampai dengan 23 Desember 2024.
“Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api pada Masa Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, untuk merencanakan perjalanan berangkat dan pulang. Pastikan untuk lebih teliti dalam melakukan pemesanan tiket, mulai dari hari, tanggal, pemilihan rute, jumlah orang, hingga kereta yang digunakan,” jelas Kuswardojo.
Pada liburan natal dan tahun baru 2024/2025 ini, Daop 7 menyediakan 4 perjalanan KA dengan keberangkatan awal dari wilayah daop 7 dengan kapasitas sejumlah 2.524 seat setiap harinya. Adapun kereta api yang berangkat dari wilayah daop 7 Madiun adalah sebagai berikut: Kereta Api Brantas New Generation relasi Blitar – Pasarsenen (PP), kapasitas 582 seat,b. Kereta Api Singasari relasi Blitar – Pasarsenen (PP), kapasitas 600 seat, Kereta Api Bangunkarta relasi Jombang – Pasarsenen (PP), kapasitas 600 seat, Kereta api Kahuripan relasi Blitar – Kiaracondong (PP), kapasitas 742 seat.
“Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan masa libur natal dan tahun baru 2024/2025 menggunakan layanan kereta api, dihimbau untuk segera merencanakan perjalanan dengan melakukan pemesanan tiket pada aplikasi Access by KAI ataupun melalui kanal resmi pemesanan tiket KA lainnya,” kata Kuswardojo.
Salah satu keunggulan menggunakan Aplikasi Access by KAI adalah, saat melakukan pemesanan tiket, dapat memilih tempat duduk, tidak dikenakan biaya pemesanan, bisa membayar secara online. Selain memesan tiket, pada aplikasi Access by KAI, pelanggan juga bisa memesan makanan yang nantinya akan dihantarkan saat melakukan perjalanan. Selain itu, para pelanggan tidak perlu melakukan cetak tiket, karena terdapat e-tiket sebagai bentuk kemudahan dan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi sampah kertas.
Selain e-tiket, saat ini para pelanggan bisa menikmati kemudahan, efisiensi, dan kecanggihan teknologi face recognition, di mana para pelanggan cukup scan wajah untuk proses boarding, tanpa perlu menunjukkan tiket.
Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
“PT KAI senantiasa berkomitmen dalam menghadirkan perjalanan kereta api yang aman, selamat dan nyaman, serta memberikan pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan selama masa liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025,” pungkas Kuswardojo.[dar.ca]