27 C
Sidoarjo
Friday, November 22, 2024
spot_img

Terapkan Gamifikasi pada Bidang Pendidikan Umum dan Agama untuk Pendidikan Abad-21

Kolaborasi Dosen UPN Veteran Jatim dan MTs Nuhati

Sidoarjo, Bhirawa
Transformasi pendidikan abad-21 menuntut adanya inovasi dalam metode pembelajaran. Salah satu pendekatan yang semakin banyak diterapkan adalah gamifikasi, di mana elemen permainan diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, karena proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menyenangkan. Dosen UPN “Veteran” Jawa Timur menginisiasi penerapan teknologi gamifikasi di MTs Nurul Huda Sedati baik dalam pendidikan umum dan agama, sebagai upaya untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif dan adaptif.

Kegiatan ini telah berlangsung sejak bulan Mei 2024 dan telah melalui beberapa tahap evaluasi serta simulasi penerapan gim. Tim yang diketuai oleh Dr. A. Muammar Alawi, S.Pd.I., M.Pd.I. dosen Fakultas Ilmu Sipil dan Ilmu Politik UPNVJT, menjelaskan bahwa aplikasi gamifikasi yang dikembangkan melibatkan beberapa materi pembelajaran seperti sejarah, doa sehari-hari, dan bahasa Inggris. “Melalui gim ini, kami ingin siswa tidak hanya belajar, tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang interaktif dan menarik,” ujarnya.

Dalam kunjungan kedua pada 29 Mei 2024, para guru memberikan berbagai masukan untuk penyempurnaan gim. Mereka mengusulkan adanya peningkatan visual dan fitur interaktif agar lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, tim pengabdian juga menerima saran untuk menambahkan lebih banyak konten yang relevan dengan kurikulum.

Pada evaluasi dan simulasi gim yang dilakukan pada 19 Agustus 2024, Gim yang dikembangkan disambut baik oleh guru-guru di MTs Nurul Huda. “Gim ini sangat membantu dalam proses pembelajaran, terutama untuk materi-materi yang kompleks seperti sejarah dan bahasa. Dengan pendekatan ini, siswa lebih termotivasi dan mudah memahami konsep-konsep yang diajarkan,” ujar Fardatul Azkiyah, salah satu guru di MTS Nurul Huda.

Berita Terkait :  Terdampak Inflasi, 778 Keluarga di Sidoarjo dapat Bantuan Pangan

Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lain untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan gamifikasi, pendidikan dapat disampaikan dengan lebih kreatif dan menarik, sesuai dengan kebutuhan zaman yang terus berkembang.

Tim terdiri atas Oleh Pratama Wirya Atmaja, A. Muammar Alawi, Rizka Hadiwiyanti, M. Afdal Susilo Aji, Syaikhhanun Nabila Az Zahro, Revano Maliq Reynanda. [gat.kus]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img