28 C
Sidoarjo
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Program Literasi, Kepsek SDN Barkot 1 Pamekasan Terima Penghargaan


Pamekasan, Bhirawa
Program literasi menggugah guru dan murid dalam menciptakan karya tulisan, kini berbuah manis. Sekolah Dasar (SD) Negeri Barurambat Kota (Barkot) 1 Pamekasan, meraih penghargaan atas pelaporan inovasi pada Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023.

Penghargaan Kemeterian Dalam Negeri (Kemendagri) diserahkan Pj Bupati Pamekasan, Masrukin kepada M Taufik Hidayah, selaku Kepala Sekolah SDN Barkot 1, pada Kamis (20/6) lalu, di Phandapa Ronggosukowati Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Membawa SDN Barkot 1, meraih sertifikat penghargaan atas pelaporan inovasi dengan nilai Kematangan Maksimal pada IGA Tahun 2023 itu, yakni ‘Gerakan Literasi Untuk Satu Karya’ dan ‘Pena Pak Camat’.

Kepsek SDN Barkot 1, M Taufik Hidayah menjelaskan, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui inovasi ‘Gelis Tuk Saya’ (gerakan litetasi untuk satu karya) bersama murid dan guru ini sudah dua tahun ini berjalan.

“Program GLS ini, adalah menggugah para murid dan guru membuat karya tulis yang diterbitkan dalam sebuah buku. Dengan program literasi, sekolah sudah menerbitkan beberapa buku karya murid dan guru buku,” jelas Taufik.

Sebenarnya, kata Taufik, SDN Barkot 1 Pamekasan ini, banyak prestasi akademis dan non akademis yang ditorehkan. Namun, paling menarik adanya sinergi program GLS dengan kabupaten Pamekasan sebagai Kabupaten Literasi yang mentradisikan murid dan guru berkarya melalui tulisan.

“Bukti para Murid dan Guru selama ini berhasil menulis karya solo dan antologi berkisar Delapan hingga sepuluh karya buku. Karya solo dan antologi para murid dan guru, merupakan karangan puisi, cerpen dan lainnya,” ujarnya.

Berita Terkait :  Wamenaker Sambut Baik Perguruan Tinggi Siapkan Lulusan Bersaing di Dunia Usaha

Gerakan literasi yang sudah menjadi program khusus kegiayan gemar menulis oleh murid dan guru, akan mampu mempertajam pola pikir anak didik dan melatih olah rasa, sehingga memiliki pandangan yang luas dan dalam mengenai apa saja.

“Sekolah Dasar Barkot 1 Pamekasan memiliki 535 orang siswa. Ke depan bisa menjadi sekolah yang unggul, memberi wawasan luas dan menjadi harapan orang tua serta berguna bagi masyarakat,” harap Taufik Hidayah. [din.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru