25 C
Sidoarjo
Friday, December 5, 2025
spot_img

MoU Pemkot Batu-Ombudsmen RI Tingkatkan SDM Penyelenggara Pelayanan Publik


Kota Batu, Bhirawa
Langkah kolaborasi diambil Ombudsman RI bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Batu untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih berkualitas.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Master of Understanding (MoU) atau kesepa?atan bersama yang dilakukan di sela kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ombudsman RI Tahun 2025 di Hotel Aston Inn Kota Batu selama lima hari (10-14 Nov).

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih menyatakan bahwa raker yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoU ini bertujuan untuk memperkuat sistem pengawasan dan juga upaya pencegahan maladministrasi.

Dan ikut hadir dalam rakernas kali ini, para Aakil Pimpinan Ombudsman, para anggota, dan Kepala Perwakilan di lingkungan Ombudsman se-Indonesia, serta Kepala Daerah Malang Raya.

Menurut Najih, kerja sama dengan Pemkot Batu menjadi bagian dari upaya memperkuat pengawasan dan membangun budaya pelayanan publik yang berintegritas.

“Ombudsman harus hadir memberi dampak positif melalui pembelajaran, pendampingan, dan digitalisasi pengawasan agar pelayanan publik semakin adaptif dan berkeadilan,” ujarnya, Senin (10/11) malam.

Ia menjelaskan bahwa penandatanganan Nota Kesepakatan Pemerintah Kota Batu dan Ombudsman Republik Indonesia menjadi sinergi dalam penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Batu. Adapun penandatanganan dilakukan langsung oleh Wali Kota Batu, Nurochman dan Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Mokhammad Najih.

Dikatakan Wali Kota Batu, Nurochman bahwa pihaknya menyatakan terima kasih atas kepercayaan Ombudsman RI yang memilih Kota Batu sebagai lokasi Rakernas kedua tahun 2025. Apalagi Ombudsman merupakan mitra bagi Pemkot Batu dan pemerintah daerah lain untuk memastikan pelayanan publik dijalankan dengan baik.

Berita Terkait :  Banjir di Musim Kemarau, Apakah Bojonegoro Baik- Baik Saja?

Pemkot Batu berkomitmen menjadikan pelayanan publik sebagai prioritas utama. “Kami siap menerima rekomendasi atas hasil penilaian Ombudsman demi perbaikan kinerja aparatur dan peningkatan kepuasan masyarakat,” ujar Cak Nur, panggilan akran Nurochman.

Diketahui, Kota Batu dipercaya menjadi tuan rumah Rakernas Ombudsman RI 2025 yang membahas capaian kinerja Ombudsman RI 2021-2025. Dalam pembahasan tersebut mereka mengusung tema ‘Refleksi, Pembelajaran, dan Perbaikan’. Dan tak kalah penting, rakernas ini menjadi forum strategis untuk memperkuat sinergi antara Ombudsman RI dan pemerintah daerah dalam mewujudkan pelayanan publik yang transparan, partisipatif, dan akuntabel. [nas.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru