Pemprov, Bhirawa
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur meluncurkan aplikasi digital “SiNaker Jatim Terintegrasi” pada Kamis (27/2/2025).
Peluncuran ini secara langsung di Aula Wawasan Disnakertrans Jatim dan juga disiarkan secara virtual melalui Zoom. Aplikasi ini dirancang untuk menghubungkan berbagai layanan ketenagakerjaan dalam satu platform terpadu.
Kepala Disnakertrans Jatim, Sigit Priyanto, S.T., M.M., mengapresiasi keseriusan pengembangan aplikasi SiNaker Jatim Terintegrasi dan berharap aplikasi ini akan mempermudah pengelolaan data ketenagakerjaan secara digital.
“Semoga UPT dan instansi terkait dapat memanfaatkan teknologi ini dengan baik,” ujarnya dalam peluncuran aplikasi yang dihadiri oleh Sekretaris Disnakertrans Jatim, Kepala Bidang dan UPT, serta pejabat struktural dan fungsional lainnya.
Sigit mengharapkan dengan peluncuran aplikasi ini dapat meningkatkan akses dan efisiensi layanan ketenagakerjaan di Jawa Timur, mengurangi angka pengangguran, serta mempercepat penciptaan peluang kerja dengan mempermudah akses informasi bagi tenaga kerja, pencari kerja, dan perusahaan.
Perlu diketahui, bahwa Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SiNaker) adalah suatu sistem yang dirancang untuk mengelola, mengolah, dan menyediakan informasi terkait Ketenagakerjaan.
SiNaker sendiri juga dirancang sebagai implementasi Satu Data pada sektor Ketenagakerjaan di Internal Disnakertrans Provinsi Jawa Timur untuk dapat menyajikan data yang berkualitas dan dapat diakses secara mudah dan update.
Karena Jawa Timur, sebagai salah satu provinsi dengan populasi dan aktivitas ekonomi yang tinggi, menghadapi berbagai tantangan dalam sektor ketenagakerjaan, seperti tingginya angka pengangguran, ketimpangan antara ketersediaan tenaga kerja dengan kebutuhan industri, serta kurangnya akses terhadap informasi ketenagakerjaan.
Untuk itulah, SiNaker Jatim Terintegrasi bertujuan agar meningkatkan aksesibilitas, transparansi, dan efektivitas layanan ketenagakerjaan bagi masyarakat, tenaga kerja, pencari kerja, perusahaan, dan instansi terkait.
Kelebihan dari SiNaker adalah peserta pelatihan dapat mendaftar secara gratis dari mana dan kapan saja, hasil seleksi penerimaan dapat diakses secara online, mengakses sertifikasi BNSP, memiliki data realtime yang akurat dan dapat diakses kapan serta dimanapun, serta terhubung ke semua Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Provinsi Jawa Timur untuk koordinasi yang lebih baik.
Dalam kesempatan ini, Ketua Tim Pembentukan SiNaker Jatim Terintegrasi, Drs. Riyanto, M.Kes., M.Pd., mengungkapkan bahwa aplikasi ini telah dipersiapkan dengan serius dan matang.
“Pembuatan aplikasi ini didasari atas SK yang sudah dikeluarkan pada 22 Juli 2024 dengan tenaga teknis dari tim IT fungsional Disnakertrans Prov.Jatim. Untuk membangun jaringan ini tidak mudah, butuh 1-2 tahun untuk mengintegrasikan semua layanan ketenagakerjaan di aplikasi SiNaker Jatim Terintegrasi,” ungkapnya. [rac]