24 C
Sidoarjo
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Mangrove Eco Run Siap Meriahkan Peringatan HUT Pertama KRM Surabaya

Surabaya, Bhirawa
Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang pertama Kebun Raya Mangrove (KRM), Pemkot Surabaya mengumumkan sejumlah rangkaian acara bertema “Setahun Bersama Mangrove: Merajut Asa untuk Masa Depan”. Sejumlah rangkaian acara itu akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 26-28 Juli 2024 di KRM Gunung Anyar Surabaya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, dalam rangkaian acara itu pihaknya menginginkan keberadaan KRM bisa membawa nuansa yang berbeda. Sekaligus sebagai ajang edukasi dan mengenalkan lebih jauh kepada masyarakat tentang kebun raya.

“Nah di dalam momen peringatan ini, kami akan melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun Kebun Raya,” kata Antiek dalam konferensi pers di Eks Gedung Humas Pemkot Surabaya, Senin (8/7).

Rangkaian HUT pertama KRM dimulai pada, Jumat (26/7), dengan kegiatan penanaman bersama 3000 bibit mangrove. Acara ini melibatkan 350 peserta dari berbagai stakeholder. Kegiatan ini akan berlangsung di KRM Gunung Anyar Surabaya mulai pukul 05.30 WIB.

“Penanaman pohon diikuti mulai dari perguruan tinggi, swasta, dari Forum Anak Surabaya (FAS), serta berbagai stakeholder yang lain akan bersama-sama menanam pohon di Kebun Raya Mangrove,” ujar Antiek.

Selain itu, Antiek menuturkan, di hari yang sama pula akan diadakan Workshop bertema “Mangrove For Nature For Future” di Auditorium Kebun Raya Mangrove mulai pukul 08.00 WIB. Workshop akan diikuti Kelompok Kerja Mangrove Daerah dengan kuota 50 peserta dan menghadirkan narasumber dari berbagai stakeholder.

Berita Terkait :  KPK Tetapkan 21 Tersangka Korupsi Dana Hibah di Jatim, Termasuk 3 Penyelenggara Negara

“Jadi kita ingin di situ semua komunitas, baik mahasiswa, para pemerhati, para stakeholder yang berkaitan untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan, khususnya terhadap tanaman mangrove,” tuturnya.

Sementara puncak acara pada Minggu (28/7), kegiatan akan diwarnai dengan Mangrove Eco Run. Event lari ini akan melibatkan 1000 peserta dengan rute 5k dan 10k. Setiap pembelian tiket senilai Rp200 ribu akan berkontribusi pada penanaman satu bibit mangrove. Nah, bagi 100 pendaftar pertama, berkesempatan mengikuti kegiatan penanaman mangrove bersama pada Jumat (26/7).

“Jadi barang siapa saja yang ikut kegiatan Mangrove Eco Run berarti dia juga berkontribusi melakukan penanaman mangrove. Karena kalau ia mendaftar, maka dia akan mendapatkan pohon yang akan ditanam di mangrove,” tandasnya. [iib.hel]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru