“Lancar komunikasi, tanpa ada kendala, jaringan bagus. Selain itu pelayanan juga bagus dan banyak GraPARI yang mudah dijangkau, sehingga tidak ada masalah yang berarti ketika berkomunikasi,” tutur Owner Soto Banjar ‘Makcik Nova’, Novayanti Rahman yang sudah menggunakan kartu Simpati selama 17 tahun.
Oleh:
Achmad Tauriq Imani – Harian Bhirawa
Untuk berkomunikasi lancar dengan pelanggan, para operator telekomunikasi terutama Telkomsel ini perlu mendengarkan aktif, menggunakan bahasa yang ramah dan mudah dipahami para pelanggannya.
Selain itu juga perlu memberikan tanggapan cepat, menawarkan informasi yang jelas dan lengkap. Serta merespons keluhan dengan empati sehingga menjadikan para pelanggan lebih setia dalam menggunakan layanan Telkomsel.
“Terkait bisnis yang saya jalani saat ini, hampir semua komunikasi menggunakan kartu Telkomsel meskipun saya juga mempunyai dua kartu dengan operator berbeda. Umumnya pelanggan banyak yang menggunakan nomor saya yang Simpati daripada nomor yang lain untuk transaksi,” tandasnya.
Berdagang Soto Banjar di CFD Ponti Sidoarjo sejak 2016, Nova merasakan sangat puas ketika menggunakan kartu Simpati. “Selama ini tidak pernah ada kendala, baik saat menggunakan internet maupun menjawab pesanan pelanggan yang melalui aplikasi,” katanya.
Bahkan menurutnya, banyak para pelanggannya yang lebih mengenal nomor Simpatinya dibandingkan dengan nomor lainnya. “Sepertinya sudah terbiasa menyebut nomor yang Simpati ketika ada yang minta nomor saya. Maklum sudah 17 tahun pakai Simpati jadi nomornya udah hafal diluar kepala,” ujarnya.
Signal Telkomsel Bandel
Hal yang berbeda dialami Anggraenny yang biasa dipanggil Aang, baginya menggunakan kartu Telkomsel selama 15 tahun ketika menjalankan tugas sebagai jurnalis ini sangat membantunya ketika di wilayah atau daerah yang sulit signal.

“Bagi saya, Telkomsel sangat membantu saat saya berkunjung disuatu daerah yang sulit signal. Ternyata Telkomsel masih bandel sedangkan ada teman yang menggunakan kartu lain sudah tidak bisa dipakai sehingga nembeng hotspot,” imbuhnya.
Selain itu, bagi Aang meskipun paket internet Telkomsel lebih mahal tapi memiliki layanan yang bagus dan jaringan yang paling luas. “Saya rasa para pelanggan Telkomsel tidak akan keberatan meskipun paket internet sedikit agak mahal dibandingkan dengan operator lainnya. Yang terpenting adalah lancar berkomunikasi khususnya di daerah yang sulit signal,” tegasnya.
Bandelnya signal Telkomsel ini juga dirasakan saat Aang harus segera menyetorkan tulisan beritanya ke redaksi. “Benar-benar sangat terbantukan ketika di waktu yang mendesak dan dikejar deadline di daerah yang agak terpencil,” katanya menceritakan pengalamannya yang membuatnya setia menjadi pelanggan Telkomsel.
Apresiasi Pelanggan Setia Telkomsel
Kepercayaan pelanggan merupakan alasan Telkomsel untuk senantiasa menghadirkan layanan terbaik, terus memberikan improvisasi dari setiap langkah dan layanan melalui produk dan kualitas jaringan yang handal dan optimal.
Manager Customer Care Operations Region Jawa Timur Telkomsel, Isnijazatun Indriastuti menjelaskan Telkomsel secara konsisten menghadirkan beragam program loyalty bagi pelanggan setianya mulai dari hadiah menarik hingga pengalaman layanan istimewa.
“Beberapa contoh programnya antara lain, Telkomsel Prestige, program loyalitas eksklusif untuk pelanggan minimal 6 bulan dan dengan transaksi penggunaan tertentu. Benefitnya mulai dari akses gratis ke airport lounge, promo eksklusif di bioskop, layanan prioritas di GraPARI dan sebagainya,” paparnya.
Isnijazatun menambahkan program Undi-Undi Hepi, dengan menukarkan Telkomsel Poin mendapat beragam kesempatan untuk memenangkan hadiah mulai dari mobil, HP, sepeda motor, voucher internet dan belanja, hingga beragam hadiah lainnya.
Poin Gembira Festival, penukaran Telkomsel Poin menjelang akhir tahun dengan beragam hadiah menarik; Hari Pelanggan Nasional, dengan memberikan apresiasi dan sejumlah program dengan diskon menarik; Loyalty Poin Discaount Payment untuk Kartu Halo dan Indihome, dengan menukarkan 10.000 poin akan mendapat potongan senilai 20 ribu rupiah.
Sementara itu untuk menumbuhkan rasa percaya bagi pelanggan setia, Telkomsel menghadirkan beragam layanan dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, kualitas jaringan terluas yang dapat dihandalkan dan memberikan apresiasi bagi pelanggan setia Telkomsel melalui beragam program dan benefit.
“Selain itu melalui pengelolaan data pelanggan dan pendekatan personal dan segmentasi, program retention bagi pelanggan dapat lebih spesifik dan relevan sesuai profil pelanggan,” jelas Isnijazatun.

Hari Pelanggan Nasional
Pada momen Hari Pelanggan Nasional ini, Telkomsel menghadirkan berbagai program spesial di titik layanan pelanggan GraPARI di seluruh Indonesia. Inisiatif ini menjadi wujud nyata apresiasi kepada pelanggan setia yang telah mendukung dan tumbuh bersama Telkomsel, sekaligus menegaskan komitmen Telkomsel untuk selalu menghadirkan pelayanan terbaik yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
“Dengan mengusung tema “Semangat Melayani Indonesia”, Telkomsel mengedepankan dedikasi dan energinya dalam melayani sepenuh hati, mendengarkan masukan, hingga memberikan pelayanan terbaik dan inovatif bagi seluruh pelanggan tercinta,” tutur General Manager Mobile Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel Andri Kurniawan.
Maka pada momen Hari Pelanggan Nasional 2025, Telkomsel menghadirkan berbagai program menarik di GraPARI, termasuk pengalaman 5G yang edukatif dan interaktif, voucher khusus untuk transaksi di MyGraPARI dan GraPARI Online, serta layanan instalasi IndiHome satu hari selesai bagi pelanggan baru.
Kemudian bagi pelanggan baru Telkomsel Halo dan pelanggan yang membeli produk Orbit akan mendapatkan beragam e-voucher yang menarik. Tersedia pula tambahan kuota 4 GB bagi pelanggan yang membayar tagihan pada 4 September, penawaran diskon tagihan Halo, serta penawaran Device Bundling khusus melalui Device Corner TShop di sejumlah GraPARI.
“Selamat Hari Pelanggan Nasional, terima kasih atas kepercayaannya menggunakan produk dan layanan Telkomsel. Kami terus berkomitmen untuk terus menghadirkan konektivitas, layanan, dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis,” pungkas Andri. [*]


