28 C
Sidoarjo
Friday, July 12, 2024
spot_img

KPU Terjunkan 116.629 Pantarlih di Pilkada Jatim 2024


KPU Jatim, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ratusan ribu petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) dikerahkan turun ke lapangan.

Pelaksanaan coklit sendiri tidak hanya sebatas untuk kepentingan pemilih pada kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim saja. Melainkan juga Pemilihan Wali Kota/Bupati (Pilwali/Pilbup) 2024 se-Jatim.

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi mengatakan, ada sebanyak 116.692 pantarlih yang ditugaskan dalam coklit Pilkada 2024 kali ini. Mereka tersebar di seluruh 38 kabupaten/kota Jatim. “Para Patarlih ini melakukan pendataan kepada masyarakat dengan cara datang dari rumah ke rumah,” ujarnya saat Gebyar Coklit Serentak Satu Juta Pemilih Pilkada Jatim 2024 di Hotel Majapahit Surabaya, Senin (24/6) malam.

Pantarlih ini, kata Aang, akan memastikan yang bersangkutan memang ada orangnya, atau sudah pindah memenuhi syarat sebagai pemilih, atau harus dikeluarkan dari data pemilih karena suatu hal. Dalam sehari, lanjut dia, KPU Jatim menargetkan para pantarlih ini dapat melakukan coklit sebanyak 1 juta pemilih.

Menurutnya, hal ini tidak sulit. Karena sudah dibuktikan pada hari pertama pelaksanaan coklit tembus 1,107 juta pemilih. “Dengan estimasi pemilih nantinya sekitar 31 jutaan,” katanya.

Lebih lanjut, Aang menambahkan, proses coklit akan dilakukan selama sebulan ke depan, yakni sejak tanggal 24 Juni – 24 Juli 2024. Dengan harapan, seluruh rumah warga yang ada di Jatim, telah tercoklit. “Nantinya dipastikan bahwa memang yang berhak masuk di dalam daftar pemilih, sudah dimasukkan. Dan yang tidak berhak, itu harus dikeluarkan,” katanya.

Berita Terkait :  Anggota Komisi C Tolak Rencana Pembangunan Eks Rumah Sakit Lapangan Tembak

Menariknya, Coklit data pemilih untuk Pilkada dan Pilgub serentak 2024 yang digelar KPU Jatim ini berhasil pecahkan rekor MURI coklit terbanyak pada hari pertama.

Coklit merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dalam gelaran pemilu, karena menentukan tahapan-tahapan yang lain. Seperti jumlah TPS yang perlu disiapkan, maupun pola sosialisasi dan lain sebagainya. Hasil Coklit ini diharapkan menghasilkan data yang berkualitas, akurat dan mutakhir. [geh.iib]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru